detikNews
Kamis 09 Agustus 2018, 14:40 WIB

Arab Saudi Tembak Jatuh Rudal Houthi, 1 Warga Yaman Tewas

Rita Uli Hutapea - detikNews
Arab Saudi Tembak Jatuh Rudal Houthi, 1 Warga Yaman Tewas pemberontak Houthi di Yaman (Foto: Khaled Abdullah/REUTERS)
Riyadh - Arab Saudi menembak jatuh sebuah rudal yang ditembakkan pemberontak Houthi di Yaman. Pecahan rudal tersebut menewaskan seorang pria Yaman dan melukai 11 orang lainnya.

Menurut statemen koalisi Saudi seperti dilansir kantor berita Saudi Press Agency (SPA), rudal balistik tersebut ditembakkan dari provinsi Amran, Yaman utara ke arah kota Jizan, Saudi selatan.




"Pecahan peluru dari rudal yang disergap itu tersebar di daerah permukiman, menewaskan seorang warga Yaman dan melukai 11 warga sipil lainnya," demikian statemen koalisi Saudi seperti diberitakan kantor berita AFP, Kamis (9/8/2018).

Tidak disebutkan identitas warga Yaman yang tewas dalam insiden pada Rabu (8/8) waktu setempat tersebut.

Dalam beberapa bulan terakhir, kelompok pemberontak Houthi meningkatkan serangan-serangan rudal ke wilayah Saudi.




Menurut koalisi Saudi, sejauh ini setidaknya 165 rudal telah ditembakkan Houthi ke wilayah Saudi sejak tahun 2015. Di tahun itu, Saudi, Uni Emirat Arab dan negara-negara sekutunya memulai serangan-serangan udara untuk memerangi pemberontak Houthi di Yaman.

Perang di Yaman telah menyebabkan hampir 10 ribu orang tewas. Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bahkan menyebut konflik Yaman sebagai krisis kemanusiaan terparah di dunia.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com