DetikNews
Selasa 12 Juni 2018, 15:26 WIB

Trump Akan Undang Kim Jong-Un ke Gedung Putih

Novi Christiastuti - detikNews
Trump Akan Undang Kim Jong-Un ke Gedung Putih Kim Jong-Un dan Donald Trump saat menandatangani dokumen yang berisi pernyataan bersama (REUTERS/Jonathan Ernst)
FOKUS BERITA: Pertemuan Trump-Jong Un
Singapura - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebut dirinya telah membangun 'ikatan sangat spesial' dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un. Trump menyebut keduanya akan bertemu lagi dan menyatakan akan mengundang Kim Jong-Un ke Gedung Putih.

Seperti dilansir CNN dan Reuters, Selasa (12/6/2018), saat sesi penandatanganan dokumen di ujung pertemuan bersejarah, Trump menuturkan bahwa pertemuan ini membuat dirinya menjalin 'ikatan sangat spesial' dengan Kim Jong-Un sehingga nantinya hubungan AS dan Korut akan sangat berbeda.

"Menjadi sebuah kehormatan untuk bisa bersama Anda," ujar Trump ke Kim Jong-Un.

"Orang-orang akan sangat terkesan dan orang-orang akan sangat senang dan kita akan mengatasi persoalan yang sangat berbahaya bagi dunia," ucap Trump.


Ditambahkan Trump bahwa dirinya dan Kim Jong-Un akan bertemu kembali. Namun dia tidak menyebut kapan waktunya.

Saat ditanya wartawan apakah dirinya akan mengundang Kim Jong-Un ke Gedung Putih, Trump menjawab: "Tentu saja, saya akan mengundangnya."

Bicara soal proses denuklirisasi Korut, Trump menyebut akan dimulai 'sangat, sangat segera'. "Kita memulai prosesnya sangat segera, sangat, sangat segera. Tentu saja," jawab Trump saat ditanya apakah Kim Jong-Un sepakat untuk melakukan denuklirisasi.

Setelah menandatangani dokumen, Trump dan Kim Jong-Un berdiri berhadapan di depan deretan bendera nasional AS dan Korut, untuk berjabat tangan yang terakhir kalinya.


Sesaat kemudian, Trump kembali memberikan komentar soal sosok Kim Jong-Un saat keduanya berdiri bersisian di depan wartawan di akhir pertemuan. Trump menyebut Kim Jong-Un sebagai sosok yang 'sangat cerdas'.

"Dia seorang perunding yang sangat layak, sangat keras," sebut Trump soal sosok Kim Jong-Un. "Dia berunding untuk rakyatnya," imbuhnya.

Ketika ditanya wartawan soal hal apa yang dipelajarinya dari Kim Jong-Un, Trump menjawab: "Saya mempelajari bahwa dia seorang pria bertalenta. Saya juga mempelajari bahwa dia sangat mencintai negaranya."

Tonton video Perang Rambut Kim Jong-Un vs Donald Trump di Sosmed:

[Gambas:Video 20detik]




(nvc/ita)
FOKUS BERITA: Pertemuan Trump-Jong Un
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed