detikNews
Senin 11 Juni 2018, 08:59 WIB

Pertama Kali, Perayaan Kuningan Digelar di KBRI Kopenhagen

Rita Uli Hutapea - detikNews
Pertama Kali, Perayaan Kuningan Digelar di KBRI Kopenhagen Foto: KBRI Kopenhagen
Kopenhagen - Komunitas masyarakat Bali di Denmark merayakan Hari Raya Kuningan untuk pertama kalinya. Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Pancasila KBRI Kopenhagen ini mengundang antusias sejumlah masyarakat dan Diaspora Indonesia termasuk masyarakat Denmark sendiri untuk menyaksikan prosesi Hari Raya tersebut. Selain sebagai acara budaya yang tergolong istimewa, kesempatan ini juga bersamaan dengan dibentuknya kelompok komunitas "Krama Bali" yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi sesama masyarakat Bali di Denmark.

Dalam sambutannya Dubes RI Kopenhagen Muhammad Ibnu Said menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas capaian yang telah dilakukan komunitas masyarakat Bali di Denmark. Dubes RI juga menambahkan kegiatan ini sebagai bagian dari cerminan diplomasi budaya yang harus dipertahankan, utamanya Indonesia yang kaya dengan keberagaman suku dan budaya yang dimiliki sesuai dengan prinsip Bhinneka Tunggal Ika, berbeda namun tetap satu kesatuan Indonesia.

Dalam rilis pers KBRI Kopenhagen yang diterima detikcom, Senin (11/6/2018), Dubes RI juga menegaskan agar seluruh komponen masyarakat Indonesia di Denmark untuk terus berpartisipasi dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan yang dilaksanakan dengan dukungan penuh dari KBRI.

Mewakili Komunitas Krama Bali Denmark, Gede Widana menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh KBRI Kopenhagen, sehingga acara istimewa ini untuk perdananya dapat terlaksana di KBRI Kopenhagen.

Sejumlah tarian Bali turut ditampilkan seperti tari rejang renteng sebagai pembuka ritual Trisandya, tari penyambutan Panyembrame, dan beberapa tarian lainnya. Untuk melengkapi khidmatnya acara ini tampak backdrop gapura Candi sebagai latar belakang main stage, karya tersebut dibuat dari kayu lapis dengan masa produksi hanya dua bulan.

Kegiatan yang berlangsung khidmat dan meriah ini dihadiri sekitar 70 orang yang terdiri dari komunitas masyarakat Bali di Denmark, masyarakat dan Diaspora Indonesia Denmark dan keluarga besar KBRI Kopenhagen.



(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed