DetikNews
Senin 21 Mei 2018, 11:23 WIB

Mahathir Akan Kembalikan Kejayaan Malaysia, Minta Kerja Sama PNS

Rita Uli Hutapea - detikNews
Mahathir Akan Kembalikan Kejayaan Malaysia, Minta Kerja Sama PNS Mahathir Mohamad (Foto: REUTERS TV via REUTERS)
FOKUS BERITA: Najib Razak Ditangkap
Kuala Lumpur - Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad bertekad untuk mengembalikan kejayaan Malaysia. Tekad itu disampaikan Mahathir dalam pidatonya di depan para pegawai negeri sipil (PNS) hari ini.

"Negara kita sangat dihormati sebelumnya, tetapi sekarang tidak sama seperti di masa lalu. Kita harus memulihkan negara untuk memastikan bahwa negara akan kembali dipandang tinggi dan dihormati," ujar Mahathir dalam pidatonya di Departemen PM seperti dilansir media Malaysia, The Star, Senin (21/5/2018).



Mahathir pun meminta para pegawai pemerintah untuk memberikan kerja samanya di pemerintahan negara tersebut.

"Selama saya tidak melanggar hukum apapun, saya harap Anda semua akan memberikan kerja sama Anda yang tak terbagi kepada saya sebagai Perdana Menteri," imbuh Mahathir saat berpidato di depan para staf Departemen PM untuk pertama kalinya sejak dilantik.

Dikatakan Mahathir, kerja sama tersebut sangat dibutuhkan sehingga pemerintah bisa mencari cara-cara untuk mengatur dan menyelesaikan utang-utang Malaysia, yang disebut Mahathir kini mencapai 1 triliun Ringgit.



"Kita menemukan bahwa keuangan negara misalnya, disalahgunakan dengan cara yang sekarang kita menghadapi kesulitan untuk menyelesaikan utang-utang yang telah meningkat menjadi satu triliun Ringgit," tutur Mahathir.

"Kita tidak pernah berurusan dengan ini sebelumnya. Sebelumnya kita tidak pernah menghadapi utang lebih dari 300 miliar ringgit, tetapi sekarang telah menanjak menjadi 1 triliun Ringgit," imbuhnya.

"Saya harus menyatakan bahwa mereka yang melakukan kesalahan harus ditangani sesuai dengan hukum," tandas Najib.

Mahathir juga menekankan bahwa tiga pilar negara -- eksekutif, legislatif dan yudisial -- akan dipisahkan dengan benar dan bahwa aturan hukum akan dipulihkan. Ini pertama kalinya Mahathir berpidato di depan para pegawai negeri sipil sejak dirinya dilantik menyusul kemenangannya dalam pemilu 9 Mei lalu. Mahathir dilantik menjadi PM pada 14 Mei lalu, untuk menggantikan Najib Razak yang secara mengejutkan kalah dalam pemilu.
(ita/ita)
FOKUS BERITA: Najib Razak Ditangkap
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed