DetikNews
Jumat 13 April 2018, 16:33 WIB

Negara Arab Bertekad Gagalkan Upaya Israel Jadi Anggota DK PBB

Rita Uli Hutapea - detikNews
Negara Arab Bertekad Gagalkan Upaya Israel Jadi Anggota DK PBB Negara-negara Arab termasuk Palestina berupaya keras menggagalkan upaya Israel menjadi anggota DK PBB (Foto: REUTERS/Andrew Kelly)
Riyadh - Negara-negara Arab berupaya keras untuk menggagalkan upaya Israel untuk mendapatkan kursi keanggotaan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB). Ini dilakukan menjelang voting Majelis Umum PBB yang rencananya akan digelar pada Juni mendatang.

"Kami melakukan semuanya yang mungkin untuk meyakinkan sebanyak mungkin negara untuk menggagalkan upaya Israel untuk kursi di Dewan Keamanan," kata Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki kepada para wartawan di Riyadh, Saudi menjelang KTT Arab akhir pekan ini.


"Kita perlu mengamankan sepertiga suara yang diperlukan untuk veto, dan kami yakin kami bisa, sebagai negara-negara Arab dan Islam," imbuhnya seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (13/4/2018).

Menurut Maliki, upaya Palestina untuk menggagalkan upaya Israel tersebut juga telah mendapat dukungan signifikan dari negara-negara Eropa.

Saat ini Israel, Jerman dan Belgia tengah bersaing untuk memperebutkan dua kursi di Dewan Keamanan, cabang terkuat di PBB. Sebanyak 193 negara anggota Majelis Umum PBB dijadwalkan menggelar voting mengenai kursi-kursi tersebut pada Juni mendatang.


"Sebuah negara yang melanggar hukum dan konvensi internasional, yang melanggar resolusi-resolusi dan prinsip-prinsip PBB, tak bisa duduk untuk mendikte nasib keamaan dan perdamaian di seluruh dunia," cetus Maliki mengenai Israel.

"Ini pelanggaran yang jelas terhadap prinsip-prinsip ini dan kita harus bekerja untuk menghentikan rencana mereka. Kita perlu memastikan tak ada kejutan," imbuhnya.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed