DetikNews
Jumat 23 Maret 2018, 10:51 WIB

Eks Presiden Korsel Lee Myung-bak Ditangkap Atas Kasus Korupsi

Rita Uli Hutapea - detikNews
Eks Presiden Korsel Lee Myung-bak Ditangkap Atas Kasus Korupsi Lee Myung-bak (Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji/Pool)
Seoul - Eks Presiden Korea Selatan (Korsel) Lee Myung-bak ditangkap atas kasus korupsi. Mantan presiden berumur 76 tahun itu dijerat dengan berbagai dakwaan termasuk penyuapan, penyalahgunaan kekuasaan, dan penggelapan dan pengemplangan pajak.

Dia merupakan mantan presiden Korsel keempat yang masih hidup, yang ditahan atas korupsi. Lee memimpin Korsel pada tahun 2008 hingga 2013.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (23/3/2018), tayangan televisi menunjukkan Lee keluar dari rumahnya pada Kamis (22/3) waktu setempat, kemudian berjabatan tangan dengan bekas ajudannya dan masuk ke dalam sebuah mobil berkaca gelap. Setelah itu mobil tersebut beserta konvoi yang dipimpin motor-motor polisi tampak memasuki Pusat Penahanan Seoul Timur.

[Gambas:Video 20detik]


"Saya tidak menyalahkan orang lain. Semua salah saya dan saya merasa menyesal," ujar Lee dalam statemen bertuliskan tangan yang fotonya diposting di akun Facebook-nya.

"Dengan penangkapan saya, saya hanya berharap penderitaan yang dihadapi anggota keluarga saya dan mereka yang bekerja dengan saya, akan ringan," imbuhnya.


Kantor berita Korsel, Yonhap melaporkan, Lee yang membantah sebagian besar dakwaan, akan menjalani pemeriksaan kesehatan singkat sebelum berganti memakai seragam tahanan dan tidur di sel khusus seluas 11 meter persegi.

Pengadilan Distrik Pusat Seoul mengeluarkan surat perintah penangkapan Lee pada Kamis (22/3), beberapa hari setelah dia menjalani interogasi secara maraton oleh para jaksa.

Jika terbukti bersalah atas dakwaan-dakwaan tersebut, Lee bisa dipenjara hingga 45 tahun.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed