DetikNews
Rabu 28 Februari 2018, 19:33 WIB

2 Penumpang Gelap Tewas Usai Jatuh dari Pesawat Tujuan AS

Novi Christiastuti - detikNews
2 Penumpang Gelap Tewas Usai Jatuh dari Pesawat Tujuan AS Ilustrasi (REUTERS/Eric Gaillard)
Quito - Dua penumpang gelap pesawat tujuan Amerika Serikat (AS) tewas usai terjatuh dari pesawat. Kedua penumpang gelap itu ditemukan tergeletak di landasan Bandara Ekuador, Amerika Selatan.

Seperti dilaporkan media Inggris, The Independent, Rabu (28/2/2018), temuan ini berawal saat sejumlah pekerja di Bandara Jose Joaquin de Olmedo di Guayaquil, Ekuador, melihat tiga objek terjatuh dari pesawat yang lepas landas. Saat didekati, ternyata objek itu merupakan penumpang gelap.

Diyakini kedua penumpang gelap itu pingsan atau terlontar dari pesawat. Kedua penumpang gelap yang berjenis kelamin laki-laki itu ditemukan di bagian landasan bandara.

"Saat kami mendekat, kami melihat dua orang -- satu orang di landasan dan satu lagi di area rumput," ucap jaksa setempat, Carlos Bustamante, kepada surat kabar lokal El Comercio.

"Salah satu masih memiliki denyut nadi, tapi meninggal beberapa menit kemudian. Satu lagi telah meninggal," imbuhnya.

Dampak dari insiden ini, bandara tersebut terpaksa ditutup selama 1,5 jam. Kedua jenazah penumpang gelap itu dievakuasi dari landasan. Pesawat yang ditumpangi secara ilegal oleh kedua penumpang gelap itu diketahui akan melanjutkan penerbangan ke AS, usai mendarat di Ekuador dari Peru.

"Yang diketahui adalah pesawat itu datang dari Peru. Dari ciri-cirinya, mereka (penumpang gelap) mungkin datang dari Peru, dan dari sini mereka akan pergi ke Amerika Serikat, ke New York," sebut Bustamante.

Objek ketiga yang dilihat jatuh dari pesawat adalah sebuah koper yang berisi pakaian dan uang sekitar US$ 20.

Dua penumpang gelap itu jatuh dari sebuah pesawat jenis Boeing 767-300 yang dioperasikan oleh maskapai Brasil, Latam. Saat insiden ini terjadi, pesawat itu terpaksa terbang kembali ke Bandara Jose Joaquin de Olmedo sesaat setelah lepas landas, sebelum akhirnya melanjutkan penerbangan.


(nvc/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed