DetikNews
Kamis 15 Februari 2018, 09:47 WIB

Penembak Brutal di Sekolah Florida Pernah Mengancam Teman-temannya

Rita Uli Hutapea - detikNews
Penembak Brutal di Sekolah Florida Pernah Mengancam Teman-temannya Foto: Joe Raedle/Getty Images/AFP
Florida - Kepolisian Amerika Serikat mengidentifikasi Nikolaus Cruz sebagai pelaku penembakan massal di sebuah sekolah di Parkland, sekitar 72 kilometer utara Miami, Florida. Pemuda berumur 19 tahun itu pernah mengancam teman-teman sekolahnya hingga akhirnya dikeluarkan dari sekolah.

[Gambas:Video 20detik]


Setidaknya 17 orang tewas dalam penembakan di sekolah Marjory Stoneman Douglas High School pada Rabu (14/2) waktu setempat. Pelaku penembakan, Cruz, membawa senapan semiotomatis AR-15. Pelaku diyakini telah mempersiapkan serangan tersebut. Dia juga sengaja menghidupkan alarm kebakaran sehingga murid-murid akan berlarian keluar kelas sehingga dia bisa menembaki membabi-buta.

"Penembak memakai masker gas, membawa granat asap dan dia menghidupkan alarm kebakaran sehingga anak-anak akan keluar dari ruangan kelas," kata Senator Bill Nelson usai mendapat keterangan dari FBI seperti dilansir Telegraph, Kamis (15/2/2018).

Belum diketahui motif penembakan tersebut. Namun seorang guru sekolah tersebut mengatakan, pelaku sebelumnya telah dinyatakan sebagai ancaman. Pihak sekolah pernah mengirimkan email berisi peringatan mengenai Cruz.

"Ada masalah dengan dia tahun lalu, dia mengancam murid-murid, dan saya kira dia kemudian diminta meninggalkan sekolah, kata Jim Gard, seorang guru matematika di sekolah.

Bahkan murid-murid pernah memperkirakan bahwa Cruz akan menembaki sekolah tersebut. Seorang siswa menuturkan, para siswa di sekolah tersebut telah sejak lama mengira Cruz akan melakukan penembakan.

"Banyak orang yang mengatakan itu. Banyak anak melemparkan candaan bahwa dia akan menjadi orang yang melepas tembakan di sekolah. Ternyata banyak orang memperkirakan begitu. Itu gila," cetus seorang murid kepada stasiun televisi WFOR-TV. "Semua yang dia posting (di media sosial) adalah tentang senjata," imbuhnya.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed