DetikNews
Senin 15 Januari 2018, 17:48 WIB

Jet-jet Tempur Qatar Cegat Pesawat Penumpang Uni Emirat Arab

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jet-jet Tempur Qatar Cegat Pesawat Penumpang Uni Emirat Arab Foto: REUTERS/Eric Gaillard
Dubai - Uni Emirat Arab menuding jet-jet tempur Qatar telah mencegat sebuah pesawat penumpang saat dalam penerbangan rutin menuju Bahrain hari ini. Insiden ini makin memanaskan ketegangan yang telah berlangsung berbulan-bulan antara kedua negara Teluk Arab tersebut.

"Jet-jet tempur Qatar mencegat sebuah pesawat sipil Emirat selama penerbangan rutin menuju Manama, yang merupakan ancaman mencolok bagi keselamatan penerbangan sipil dan pelanggaran yang jelas terhadap hukum internasional," demikian disampaikan Otoritas Umum Aviasi Sipil Uni Emirat Arab seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (15/1/2018).

"Ini penerbangan rutin yang memiliki semua dokumen yang dibutuhkan," imbuhnya seperti dilaporkan kantor berita Emirat.

Otoritas Aviasi Sipil Uni Emirat Arab mengutuk insiden tersebut dan menyatakan akan mengambil "semua langkah hukum yang perlu untuk memastikan keselamatan dan keamanan lalu lintas udara sipil."

Belum ada komentar dari pemerintah Qatar terkait laporan ini. Juga tidak jelas apakah penerbangan sipil Uni Emirat Arab tersebut dipaksa mengalihkan rute penerbangannya oleh jet-jet tempur Qatar yang mencegatnya.

Tercatat bahwa empat maskapai penerbangan yang berbasis di Uni Emirat Arab -- Emirates, Etihad, flydubai dan Air Arabia -- melakukan penerbangan ke Bahrain.

Uni Emirat Arab merupakan satu dari empat negara Arab yang memutus seluruh hubungan dengan Qatar pada Juni 2017 lalu. Pemutusan hubungan dilakukan atas tuduhan bahwa Qatar mendukung para ekstremis dan semakin dekat dengan Iran. Pemerintah Qatar telah membantah tuduhan itu.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed