DetikNews
Selasa 12 Desember 2017, 04:30 WIB

Pelaku Ledakan Manhattan Asal Bangladesh, Mengaku Setia Kepada ISIS

Elza Astari Retaduari - detikNews
Pelaku Ledakan Manhattan Asal Bangladesh, Mengaku Setia Kepada ISIS Mobil polisi terlihat di Port Authority, New York, AS. (Foto: Dok. Reuters).
Jakarta - Pelaku ledakan di terminal bawah tanah Manhattan, New York, Amerika Serikat (AS), Akayed Ullah diketahui merupakan pria asal Bangladesh. Dia menyatakan setia kepada ISIS.

Dilansir dari CNN, Selasa (12/12/2017), Ullah menyatakan berjanji setia kepada kelompok radikal ISIS. Menurut petugas penegak hukum, itu disampaikan Ullah saat dia berbicara dengan pihak berwenang. Saat ini klaim dari Ullah tengah diselidiki.

Ullah diketahui baru-baru ini melakukan pekerjaan kelistrikan yang dekat dengan lokasi ledakan. Dia bekerja bersama saudara lelakinya.

Video 20Detik: Identitas dan Motif Pelaku Serangan di New York

[Gambas:Video 20detik]



"Kakaknya tinggal di gedung apartemen yang sama dengan Ullah," ujar salah seorang penegak hukum yang mengetahui penyelidikan terhadap Ullah.

Saat ini pihak berwenang AS tengah berbicara dengan sang kakak laki-laki Ullah dan anggota keluarganya yang lain. Tersangka diketahui sebagai penduduk tetap (permanent resident) AS yang sah dari Bangladesh.

Ullah tiba di AS pada tahun 2011 dengan visa imigran keluarga F43. Menurut situs perjalanan Departemen Luar Negeri, pemegang visa F43 adalah anak dari saudara laki-laki atau perempuan dari seorang warga negara AS.


Status kewarganegaraan Ullah disampaikan oleh United States Department of Homeland Security (DHS). Departemen Keamanan Dalam Negeri AS itu juga sudah mengeluarkan pernyataan agar warga tetap waspada.

"DHS dapat memastikan bahwa tersangka tersebut masuk ke Amerika Serikat setelah mempresentasikan paspor yang menampilkan visa imigran keluarga F43 pada tahun 2011. Tersangka adalah Residen Permanen yang Sah dari Bangladesh, yang mendapat manfaat dari migrasi keluarga besar," ungkap Juru Bicara DHS, Tyler Houlton.

Ledakan dilaporkan terjadi di dekat terminal Port Authority, dekat Times Square, saat jam-jam sibuk pagi hari, Senin (11/12) waktu setempat. Akibat kejadian ini empat orang mengalami luka-luka. Ledakan ini diklaim sebagai tindakan seorang amatir.

[Gambas:Video 20detik]


(elz/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed