DetikNews
Selasa 21 November 2017, 05:46 WIB

Liga Arab Nyatakan Hizbullah Sebagai Teroris, Hamas Menolak

Danu Damarjati - detikNews
Liga Arab Nyatakan Hizbullah Sebagai Teroris, Hamas Menolak Ilustrasi (Foto: BBC World)
Gaza City - Liga Arab melabeli organisasi Islamis Syiah di Libanon, Hizbullah, sebagai kelompok teror. Namun Hamas, kelompok gerakan Islamis Sunni di Palestina, menolak cap Liga Arab terhadap Hizbullah itu.

Dilansir AFP, Selasa (21/11/2017), Partai Hamas mengatakan "menolak deskripsi bahwa gerakan perlawanan Hizbullah Libanon sebagai teroris."

Malahan, imbuh Hamas, aksi Israel terhadap warga Palestina adalah hal yang perlu dilabeli sebagai "terorisme".

Hamas juga menyeru negara-negara Arab untuk "mendukung perjuangan sah dari warga Palestina" dan mendesak mereka untuk bekerja sama memecahkan masalah via dialog.

Pada Minggu (19/11), Liga Arab menyetujui resolusi yang mengatakan mereka akan menahan "teroris Libanon Hizbullah... bertanggung jawab mendukung terorisme dan organisasi teroris di negara-negara Arab, dengan persenjataan moderen dan misil balistik".

Cek Video 20Detik: Pertemuan Liga Arab di Mesir

[Gambas:Video 20detik]

Resolusi ini muncul di tengah ketegangan antara Arab Saudi dengan Iran. Banyak pihak menilai Iran adalah pihak yang ada di belakang Hizbullah. Ketegangan ini juga sering disertai sentimen sektarian Sunni versus Syiah, sentimen paling mujarab untuk memanaskan emosi masyarakat Islam.

Meski Hamas adalah kelompok Sunni, namun Hamas telah sejak lama dinilai sebagai sekutu Iran. Hamas telah bertarung dalam tiga perang melawan Israel sejak 2008. Sedangkan Hizbullah berperang melawan Israel pada 2006.
(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed