DetikNews
Rabu 15 November 2017, 12:17 WIB

Hiu 'Zaman Old' dengan 300 Gigi Ditemukan di Pantai Portugal

Rina Atriana - detikNews
Hiu Zaman Old dengan 300 Gigi Ditemukan di Pantai Portugal Hiu dengan 300 gigi (Foto: Dok. SIC Noticias via Independent)
Lisbon - Hiu dengan 300 gigi yang pernah hidup di zaman dinosaurus ditemukan para ilmuwan. Hiu 'zaman old' tersebut ditemukan di salah satu pantai Portugal.

Dilansir dari Independent, Rabu (15/11/2017), Sic Noticias TV menyebut hiu berumbai tersebut ditangkap dengan pukat dalam proyek penelitian 'meminimalkan tangkapan yang tak diinginkan saat memancing komersil'.

Spesies langka tersebut disebut sudah ada sejak 80 juta tahun lalu. Hiu tersebut merupakan 'teman' dari Tyrannosaurus rex dan triceratops yang telah mati sejak lama. Hiu dengan gigi rapuh dan tubuh panjang tersebut masih bisa berenang di kedalaman minimal 700 meter.

Profesor Margarida Castro dari Universitas Algarve mengatakan kepada Sic Noticias, hiu itu memiliki 300 gigi. Gigi-gigi tersebut memungkinkan menjebak cumi-cumi atau hiu lain saat menenggak tiba-tiba.

Menurut Institute for the Sea and Atmosphere, hiu yang ditangkap berukuran 1,5 m panjang dan berenang di lepas pantai Algarve. Belum diketahui kenapa hiu itu bisa bertahan di saat makhluk prasejarah lain tidak bisa.

Hewan langka lain juga sempat ditemukan di Pantai Texas. Hewan berupa belut begigi panjang tersebut disebut termasuk keluarga Opichthidae. Belut tersebut ditemukan terdampar dan membusuk di Pantai Texas.




(rna/nkn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed