DetikNews
Senin 23 Oktober 2017, 11:20 WIB

Lebih dari 600 Ribu Pengungsi Rohingya Telah Tiba di Bangladesh

Rita Uli Hutapea - detikNews
Lebih dari 600 Ribu Pengungsi Rohingya Telah Tiba di Bangladesh pengungsi Rohingya (Foto: REUTERS/Jorge Silva)
FOKUS BERITA: Krisis Rohingya
Dhaka - Jumlah warga Rohingya yang meninggalkan Myanmar untuk mengungsi ke Bangladesh terus bertambah. Menurut badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), lebih dari 600 ribu warga Rohingya telah pergi ke Bangladesh sejak operasi militer dilakukan di negara bagian Rakhine, Myanmar.

Dalam laporan terbaru yang dirilis, sebuah badan PBB, Inter-Sector Coordination Group (ISCG) menyatakan, sekitar 603 ribu pengungsi Rohingya dari Rakhine telah menyeberangi perbatasan menuju Bangladesh sejak 25 Agustus lalu.

"Gerakan lintas perbatasan dari 14 ribu lebih pengungsi yang baru tiba telah diverifikasi dalam sepekan terakhir," demikian disampaikan ISCG yang memimpin upaya kemanusiaan di Bangladesh seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (23/10/2017).

Pekan lalu, sekitar 10 ribu pengungsi Rohingya terlantar di wilayah dekat desa Anjumanpara selama tiga hari setelah dicegah untuk menyeberang ke perbatasan Bangladesh. Juru bicara Penjaga Perbatasan Bangladesh, Iqbal Ahmed mengkonfirmasi bahwa sekitar 10 ribu hingga 15 ribu pengungsi Rohingya menuju ke Anjumanpara.

"Kami mendengar dari kerabat keluarga mereka bahwa militer Myanmar telah mencegah mereka menuju ke perbatasan," tutur Ahmed.

Dalam beberapa hari ini, ratusan pengungsi Rohingya juga telah menyeberangi Sunai Naf yang memisahkan Bangladeh-Myanmar. "Mereka yang tiba mengatakan kepada kami bahwa ribuan orang masih terlantar di sisi lain Naf," kata Jashim Uddin, relawan Organisasi Migrasi Internasional.

Warga Rohingya yang tiba pada Minggu (22/10) menceritakan kekerasan di desa-desa mereka di Rakhine serta kekurangan pangan yang mereka alami.

"Kami hampir tidak memiliki makanan selama 10-15 hari terakhir. Mereka membakar rumah-rumah kami. Kami tak punya pilihan apapun kecuali pergi," ujar seorang pengungsi Rohingya di desa Shah Porir Dwip.


(ita/ita)
FOKUS BERITA: Krisis Rohingya
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed