DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 19:10 WIB

Aneh tapi Nyata, Ada Emas Senilai Rp 26 M di Air Limbah

Niken Purnamasari - detikNews
Aneh tapi Nyata, Ada Emas Senilai Rp 26 M di Air Limbah Foto: CNN
Swiss - Siapa yang menyangka kalau ada emas senilai US$ 2 juta (sekitar Rp 26 miliar) di dalam air limbah? Hal itu mungkin terlihat aneh tapi nyata terjadi di Swiss.

Para ilmuwan di Swiss menemukan emas senilai Rp 26 miliar itu di sebuah pabrik pengolahan kotoran dan air limbah setempat. Dilansir CNN, Kamis (12/10/2017), diperkirakan ada sekitar 43 kilogram emas yang ada di sistem pembuangan limbah Swiss setiap tahunnya.

Ilmuwan meyakini emas itu berasal dari industri pembuatan jam tangan dan kilang emas yang ada di Swiss. Serpihan emas itu diyakini mengalir dalam sistem pembuangan air dari lokasi industri tersebut, sebelum berakhir di dalam sistem limbah.

Dari hasil penelitian, di beberapa wilayah di Swiss malah memiliki kadar emas yang lebih tinggi dari wilayah lainnya. Contohnya, di bagian selatan Swiss yang merupakan tempat penyulingan kilang emas.

"Konsentrasi emas di lumpur limbah cukup tinggi," kata para peneliti.

Selain emas, ilmuwan juga menemukan unsur lainnya yang tak terduga di dalam limbah, seperti perak dan mineral tanah. Biasanya dua unsur itu digunakan dalam pembuatan perangkat elektronik.


(nkn/nvc)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed