DetikNews
Sabtu 12 Agustus 2017, 11:53 WIB

Jepang Kerahkan Antirudal Patriot Terkait Ancaman Rudal Korut

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jepang Kerahkan Antirudal Patriot Terkait Ancaman Rudal Korut salah satu rudal Korut (Foto: AFP PHOTO/Ed JONES)
Tokyo - Jepang mengerahkan sistem pertahanan antirudal Patriot hari ini. Pengerahan dilakukan setelah Korea Utara (Korut) mengancam akan menembakkan rudal-rudal balistik ke Guam, wilayah AS di kawasan Samudera Pasifik.

Kementerian Pertahanan Jepang seperti diberitakan media NHK dan dilansir kantor berita AFP, Sabtu (12/8/2017) telah mulai mengerahkan sistem antirudal Patriot Advanced Capability-3 (PAC-3) di kota Shimane, Hiroshima dan Kochi di wilayah Jepang barat. Otoritas Korut telah mengingatkan bahwa wilayah Jepang bisa masuk dalam jalur tembak rudal-rudalnya.

NHK melaporkan, sistem antirudal Patriot juga akan dikerahkan di wilayah Ehime yang dekat dengan kota-kota tersebut.

Tayangan televisi NHK menunjukkan kendaraan-kendaraan militer yang mengangkut peluncur dan peralatan lainnya untuk sistem rudal darat-ke-udara, bergerak masuk ke sebuah pangkalan militer Jepang di Kochi pada Sabtu dini hari waktu setempat.

Menurut Kyodo News yang mengutip pejabat-pejabat Kementerian Pertahanan, pemerintah berharap pengerahan sistem antirudal di Jepang barat tersebut bisa selesai pada Sabtu pagi.

Ketegangan regional memanas setelah Korut mengungkapkan rencananya untuk melancarkan serangan rudal ke Guam, wilayah AS di Pasifik. Korut mengklaim empat rudal balistik jarak menengah jenis Hwasong-12 akan mengudara sejauh 3.365 kilometer dalam waktu 1.065 detik atau 17 menit 45 detik saja.

Sebelumnya, juru bicara pemerintah Yoshihide Suga mengatakan, pemerintah Jepang tak akan pernah mentoleransi provokasi dari Korut dan militer negara tersebut akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed