DetikNews
Senin 17 Juli 2017, 14:50 WIB

Pasukan Israel Tembak Mati Pria Palestina di Tepi Barat

Rita Uli Hutapea - detikNews
Pasukan Israel Tembak Mati Pria Palestina di Tepi Barat Foto: AFP
Tepi Barat - Pasukan Israel menembak mati seorang warga Palesina yang mencoba melepaskan tembakan ke arah mereka di wilayah Tepi Barat. Insiden itu terjadi saat pasukan Israel hendak menangkap pria Palestina itu.

Saat kejadian pada Minggu (16/7) dini hari waktu setempat, aparat polisi dan tentara Israel berada di kota Nabi Salah, Tepi Barat untuk melakukan penangkapan.

"Pasukan berhadapan dengan tersangka, yang mencoba melepas tembakan ke arah mereka," demikian statemen militer Israel seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (17/7/2017).

"Sebagai respons atas ancaman langsung tersebut, pasukan menembak ke arah penyerang yang mengakibatkan kematiannya," imbuh militer Israel.

Pasukan keamanan Palestina dan keluarga mengidentifikasi tersangka sebagai Amar Tirawi dari Kafr Ein, sebuah kota di dekat Nabi Salah di Tepi Barat. Pria tersebut berumur 34 tahun.

Disebutkan militer Israel, seorang tersangka Palestina lainnya terluka ringan dalam insiden itu dan ditahan.

Sebelumnya pada Sabtu (15/7) waktu setempat, seorang pria bersenjata menyerang sebuah kendaraan di dekat permukiman Israel di utara kota Ramallah dan melukai seorang warga asing keturunan Palestina yang tinggal di sebuah desa Palestina. Dalam insiden terpisah, sejumlah tembakan dilepaskan ke sebuah pos militer dekat Nabi Salah. Militer Israel menyatakan, Tirawi diduga terlibat dalam dua insiden tersebut.

Badan keamanan dalam negeri Israel, Shin Bet menyebut Tirawi sebagai Amar Halil dan menyatakan dia telah melakukan penembakan-penembakan tersebut bersama tunangannya Rawan Ambar, dikarenakan penolakan keluarga mereka untuk menerima pertunangan tersebut.

Menurut Shin Bet, Tirawi merupakan mantan anggota keamanan preventif Palestina yang kini menjadi pedagang senjata. Disebutkan Shin Bet, tunangan Tirawi telah menyerahkan diri ke otoritas Palestina.


(ita/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed