DetikNews
Senin 19 Juni 2017, 19:11 WIB

PM Inggris: Islamofobia Termasuk Ekstremisme

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
PM Inggris: Islamofobia Termasuk Ekstremisme PM Inggris Theresa May. Foto: Reuters
London - Perdana Menteri Inggris Theresa May menggelar rapat kabinet khusus untuk membahas aksi teroris penabrakan jemaah salat Tarawih di dekat Masjid Finsbury Park, London. May menganggap sikap Islamofobia termasuk ekstremisme.

"Sudah terlalu jauh dan banyak toleransi untuk ekstremisme di negara kita selama bertahun-tahun dan itu berarti ekstremisme berbagai jenis, termasuk Islamofobia," kata May usai menggelar rapat darurat di Ruang Rapat Kabinet A Pemerintah Inggris seperti dilansir BBC, Senin (19/6/2017).

May juga menyebut aksi yang terjadi pada Senin (19/6) dini hari waktu setempat adalah memuakkan. Dia berjanji tak akan membiarkan kejadian serupa terjadi kembali.

"Ini adalah serangan terhadap Muslim, dekat tempat ibadah mereka dan seperti semua terorisme lainnya, apa pun bentuknya, mereka memiliki tujuan fundamental yang sama," ungkap May.

Menurut May kejadian ini adalah pengingat bahwa terorisme, ekstremisme, dan tindakan kebencian telah memiliki banyak bentuk. Dia mengajak semua pihak untuk menindak tegas siapa pun pelakunya.

"Kebebasan berbicara, kebebasan untuk menjalani hidup yang kita pilih dan juga, kebebasan memeluk agama dengan damai (harus dilindungi)," pungkas May.
(bag/nvc)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed