DetikNews
Sabtu 20 Mei 2017, 11:16 WIB

Pesawat American Airlines Dikawal Jet Tempur, Pria Turki Ditahan

Rita Uli Hutapea - detikNews
Pesawat American Airlines Dikawal Jet Tempur, Pria Turki Ditahan Foto: Thinkstock
Honolulu - Pesawat maskapai American Airlines dikawal dua jet tempur Angkatan Udara AS menuju Bandara Internasional Honolulu di Hawaii, AS setelah adanya laporan gangguan di dalam pesawat. Begitu pesawat mendarat, seorang penumpang ditangkap.

Penumpang pria tersebut diidentifikasi sebagai Anil Uskanil asal Turki. Awalnya, pria berumur 25 tahun itu dilaporkan mencoba masuk ke dalam kabin saat dalam penerbangan dari Los Angeles menuju Hawaii. Namun para penumpang mengatakan, dia telah dihalangi oleh kru sebelum masuk ke kabin kelas bisnis. Kru dan para penumpang melumpuhkan pria tersebut dan mengikatnya di kursi bagian belakang pesawat.

Pejabat-pejabat penegak hukum federal mengatakan seperti dilansir New York Post, Sabtu (20/5/2017), pria berumur 25 tahun tersebut langsung ditahan begitu pesawat mendarat di Bandara Internasional Honolulu pada Jumat (19/5) pukul 11.35 waktu setempat. Tak ada yang terluka dalam insiden itu.

Menurut otoritas setempat, pria Turki tersebut dalam keadaan mabuk.

American Airlines mengkonfirmasi bahwa kru penerbangan Flight 31 dari Los Angeles menuju Honolulu telah meminta kehadiran aparat penegak hukum di bandara dikarenakan "gangguan selama penerbangan". Disebutkan bahwa pesawat Airbus A321 tersebut mendarat dengan selamat di Honolulu pada Jumat (19/5) pukul 11.35 waktu Hawaii. Pesawat tersebut mengangkut 181 penumpang dan enam kru.

Insiden tersebut mendorong pihak Komando Pasifik mengerahkan dua jet tempur F-22 untuk mengawal pesawat penumpang tersebut.

"F-22 mengawal pesawat tersebut ke bandara sesuai prosedur pertahanan dalam negeri. Aparat penegak hukum setempat merespons begitu pesawat sipil tersebut mendarat," ujar Komandan Dave Benham.

Dari rekaman video yang dijepret seorang penumpang setelah pesawat mendarat, tampak seorang pria dengan kedua tangan diborgol, dikawal turun dari pesawat oleh personel Biro Investigasi Federal, FBI.
(ita/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed