DetikNews
Sabtu 20 Mei 2017, 10:21 WIB

Ungguli Rivalnya, Presiden Rouhani Bakal Menangi Pilpres Iran

Rita Uli Hutapea - detikNews
Ungguli Rivalnya, Presiden Rouhani Bakal Menangi Pilpres Iran Hassan Rouhani (Foto: REUTERS/Raheb Homavandi/TIMA)
Teheran - Presiden Hassan Rouhani unggul dalam pemilihan presiden Iran dan diyakini akan mengalahkan rival terkuatnya, Ebrahim Raisi.

"Sudah selesai, Rouhani pemenangnya," ujar sumber resmi Iran seperti dikutip kantor berita Reuters, Sabtu (20/5/2017).

Disebutkan sumber itu, sejauh ini Rouhani telah meraih 21,6 juta suara, sedangkan Raisi mendapatkan 14 juta suara, dengan 37 juta suara yang telah dihitung. Dikatakan sumber tersebut, masih ada sekitar empat juta suara lagi yang harus dihitung.

Kementerian Dalam Negeri Iran menyatakan, lebih dari 40 juta kertas suara masuk dalam pemilu ini, hampir serupa dengan pemilu tahun 2013 ketika Rouhani terpilih menjadi presiden dengan meraih kemenangan telak.R

Rouhani (68) saat itu menang dengan menjanjikan akan membuka Iran bagi dunia dan memberikan warganya kebebasan lebih besar di dalam negeri. Dalam pemilu tahun ini, Rouhani bersaing melawan tokoh garis keras Raisi, yang merupakan anak didik pemimpin tertinggi Ali Khamenei.

Raisi (56) diyakini mendapat dukungan pasukan elit berpengaruh, Garda Revolusioner. Dia menuding Rouhani telah salah mengatur perekonomian dan telah mendatangi wilayah-wilayah miskin untuk berkampanye menjanjikan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan yang meningkat.

Lewat cuitan di akun Twitter-nya, kepala staf Rouhani, Hamid Aboutalebi menyebutkan bahwa Rouhani saat ini telah memenangkan 60 persen suara. Televisi pemerintah Iran menyatakan, hasil awal resmi akan diumumkan segera.


(ita/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed