DetikNews
Selasa 21 Mar 2017, 10:37 WIB

Tak Punya Jabatan, Ivanka Trump Dapat Kantor di Gedung Putih

Novi Christiastuti - detikNews
Tak Punya Jabatan, Ivanka Trump Dapat Kantor di Gedung Putih Ivanka Trump saat mendampingi ayahnya dalam pertemuan dengan para CEO di Gedung Putih (REUTERS/Kevin Lamarque)
Washington DC - Ivanka Trump, putri Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, mendapatkan kantor sendiri di West Wing Gedung Putih. Hal ini semakin memperkuat peran Ivanka dalam membantu menjadi penasihat ayahnya.

Dituturkan seorang pejabat Gedung Putih, seperti dilansir Reuters (21/3/2017), wanita berusia 35 tahun itu akan memiliki sebuah kantor di West Wing. Ivanka, sebut pejabat ini, juga akan mendapatkan akses ke informasi rahasia dan telepon yang dirilis khusus oleh pemerintah AS.

Ivanka Trump kerap mendampingi ayahnya dalam pertemuan penting di Gedung PutihIvanka Trump kerap mendampingi ayahnya dalam pertemuan penting di Gedung Putih Foto: REUTERS/Kevin Lamarque

West Wing atau Sayap Kanan Gedung Putih merupakan lokasi kantor resmi Presiden AS. West Wing juga dikenal sebagai Gedung Kantor Eksekutif. Di bagian ini, terdapat Ruang Oval -- kantor resmi Presiden AS, Ruang Kabinet, Ruang Situasi (Situation Room) dan Ruang Roosevelt yang biasa digunakan sebagai ruang pertemuan Presiden AS dengan tamu-tamu pentingnya.

Ditambahkan pejabat AS ini, meskipun memiliki kantor sendiri, Ivanka tidak akan memegang gelar jabatan resmi di Gedung Putih. Ivanka, lanjut pejabat itu, juga tidak akan mendapat gaji.

Ivanka Trump duduk di sebelah PM Kanada Justin TrudeauIvanka Trump duduk di sebelah PM Kanada Justin Trudeau Foto: REUTERS/Kevin Lamarque

Ivanka yang tidak memegang jabatan resmi dalam pemerintahan Trump, memang terlihat kerap mendampingi ayahnya dalam sejumlah pertemuan penting. Saat Trump menjamu kunjungan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Kanselir Jerman Angela Merkel beberapa waktu lalu, Ivanka terlihat mendampingi. Bahkan Ivanka duduk tepat di sebelah tamu-tamu kenegaraan ayahnya.

Dengan memiliki kantor sendiri di Gedung Putih, Ivanka bergabung bersama suaminya, Jared Kushner, yang ditunjuk menjadi penasihat kepresidenan. Kushner juga kerap terlihat mendampingi Trump dalam setiap kesempatan.

Ivanka Trump duduk di sebelah Kanselir Jerman Angela MerkelIvanka Trump duduk di sebelah Kanselir Jerman Angela Merkel Foto: REUTERS/Jonathan Ernst

Posisi Kushner telah diumumkan pihak Gedung Putih sejak awal tahun ini. Sedangkan untuk Ivanka, salah satu staf Gedung Putih sebelumnya menyebutkan, Ivanka tidak akan memegang peran aktif dalam pemerintahan ayahnya dan akan fokus pada mengurus keluarganya yang baru pindah ke Washington DC.

Keterlibatan anak dan menantu Trump dalam pemerintahan seperti ini, telah menuai kritik. Trump dianggap melanggar Konstitusi AS dan aturan hukum federal AS atau Undang-undang Anti-nepotisme tahun 1967. Mulai diberlakukan tahun 1967, aturan hukum itu menyatakan tidak boleh ada pejabat publik, baik dari level Presiden hingga manajer kelas bawah pada lembaga federal pemerintah yang memperkerjakan atau mempromosikan kerabatnya.

Baca juga: Menantu Trump Jadi Penasihat Gedung Putih dan Tidak Digaji


(nvc/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed