DetikNews
Jumat 17 Februari 2017, 16:46 WIB

Kebanyakan Warga Korut Belum Tahu Kematian Kim Jong-Nam

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kebanyakan Warga Korut Belum Tahu Kematian Kim Jong-Nam Kim Jong-Nam (Foto: Reuters)
Pyongyang - Kebanyakan warga Korea Utara (Korut) saat ini belum mengetahui kematian Kim Jong-Nam, saudara tiri pemimpin mereka, Kim Jong-Un. Ini dikarenakan ketatnya kendali pemerintah Korut atas media.

Kantor berita Korea Selatan (Korsel), Yonhap melaporkan, saat ini warga Korut umumnya belum mengetahui kematian Kim Jong-Nam. Bahkan banyak yang tidak mengenal pria berumur 46 tahun yang dijuluki playboy itu.

"Saya tak pernah mendengar berita itu," ujar sumber yang tinggal di sebuah provinsi Korut yang berbatasan dengan China. "Bukankah Kim Jong-Un putra tertua mendiang mantan pemimpin Kim Jong-Il? imbuhnya seperti dikutip Yonhap dan dilansir media Malaysia, The Star, Jumat (17/2/2017).

Sumber lainnya di Korut mengatakan, hanya masalah waktu sebelum berita kematian Jong-Nam menyebar di Korut. Dikatakannya, banyak warga Korut memiliki akses rahasia ke informasi di luar Korut, dan berita pembunuhan Jong-Nam sudah mulai viral di wilayah perbatasan Korut dengan China.

Adapun media pemerintah Korut, sejauh ini tidak menunjukkan reaksi apapun atas pemberitaan berbagai media internasional mengenai pembunuhan Jong-Nam.



Media-media Korea melaporkan, Kim Jong-Nam pernah beberapa kali melontarkan kritikan terhadap pemerintah Korut. Dia bahkan dilaporkan pernah menyebut Kim Jong-Un tidak kompeten menjadi seorang pemimpin negara.

Sebelumnya, otoritas Korea Selatan (Korsel) melaporkan bahwa Kim Jong-Nam dibunuh oleh dua wanita agen mata-mata Korut yang menyergapnya dari belakang dan meracuninya di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia pada Senin, 13 Februari lalu.

Kepolisian Malaysia telah menangkap dua wanita yang diduga terlibat dalam kematian Kim Jong-Nam. Salah satu wanita diketahui memegang paspor Indonesia dengan nama Siti Aisyah asal Serang dengan tanggal kelahiran 11 Februari 1992. Dia ditangkap pada Kamis (16/2) dini hari waktu setempat.

Sebelumnya pada Rabu (15/2) pagi waktu setempat, seorang wanita juga ditangkap di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) saat akan terbang menuju Vietnam. Wanita itu kedapatan membawa paspor Vietnam dengan nama Doan Thi Huong yang lahir di Nam Dinh, Vietnam pada Mei 1988. Tidak diketahui pasti keaslian dokumen itu.

Kepolisian Malaysia juga telah menangkap seorang pria Malaysia yang disebut sebagai kekasih Siti Aisyah. Saat ini, kepolisian Malaysia masih memburu sejumlah warga asing lainnya terkait pembunuhan tersebut.


(ita/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed