detikNews
Sabtu 19 November 2016, 13:14 WIB

Pakai Kaos Kuning, Mahathir Mohamad Ikut Aksi Demo Bersih di Kuala Lumpur

Rita Uli Hutapea - detikNews
Pakai Kaos Kuning, Mahathir Mohamad Ikut Aksi Demo Bersih di Kuala Lumpur Mahathir Mohamad mengenakan kaos Bersih (Foto: The Star)
Kuala Lumpur, - Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad akan mengikuti aksi demo kelompok Bersih di Kuala Lumpur, Malaysia untuk menuntut pengunduran diri PM Najib Razak. Mantan pemimpin negeri Jiran itu langsung menuju lokasi demo usai kepulangannya dari Sudan.

Asisten Mahathir, Sufi Yusof mengatakan, Mahathir telah kembali dari Sudan usai menghadiri sebuah konferensi di sana. Pesawat yang mengangkut dirinya mendarat di bandara Subang pada sekitar pukul 12.30 waktu setempat.

"Dia melangkah turun dari pesawat dengan memakai kaos kuning Bersih 5 di luar baju berkerah warna putihnya," kata Yusof seperti dilansir media The Star, Sabtu (19/11/2016).

"Dia kini menuju ke Kuala Lumpur," imbuhnya.

Sebelumnya Mahathir muncul dalam sebuah rekaman video pada Rabu (16/11) dan menyerukan warga Malaysia untuk ikut serta dalam aksi demo yang diprakarsai kelompok prodemokrasi, Bersih. Dikatakan Mahathir, warga Malaysia perlu menunjukkan ketidakpuasan mereka dengan pemerintah lewat partisipasi dalam aksi demo di Dataran Merdeka, Kuala Lumpur dan tempat-tempat lainnya.

"Saya harap semua warga Malaysia akan berpartisipasi dalam demonstrasi oleh Bersih," ujar Mahathir dalam rekaman video berdurasi dua menit itu.

Saat ini ribuan warga berkaos kuning telah membanjiri jalan-jalan di Kuala Lumpur untuk berunjuk rasa. Dalam aksinya, massa "Kaos Kuning" menyerukan mundurnya Najib terkait skandal korupsi 1MDB. Ini merupakan aksi demo kedua kalinya dalam kurun waktu 15 bulan yang diorganisir oleh kelompok Bersih. Aksi demo kali ini dibayangi kemungkinan terjadinya bentrokan dengan kelompok pro-pemerintah atau yang dijuluki sebagai "Kaos Merah".

Otoritas Malaysia telah menahan para pemimpin kelompok Bersih atau "Kaos Kuning" dan "Kaos Merah" beberapa jam sebelum aksi demo digelar pagi ini.

Pada Agustus 2015 lalu, aksi demo yang diprakarsai Bersih mampu menarik ratusan ribu pendukung di Kuala Lumpur dan tempat-tempat lainnya. Aksi damai selama dua hari itu juga untuk menuntut pengunduran diri Najib. Mahathir dan istrinya juga ikut serta dalam aksi demo tersebut.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com