Cara Unik Obama Tutup Pidatonya, Jatuhkan Mikrofon dan Bilang 'Obama Out'

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 03 Mei 2016 18:12 WIB
Obama sengaja jatuhkan mikrofon saat menutup pidatonya (CSPAN/YouTube)
Obama sengaja jatuhkan mikrofon saat menutup pidatonya (CSPAN/YouTube)
Washington - Presiden Amerika Serikat Barack Obama punya cara unik untuk menutup pidatonya dalam jamuan makan malam koresponden Gedung Putih di Washington, akhir pekan lalu. Dengan penuh gaya, Obama menjatuhkan mikrofon ke lantai usai berpidato di podium.

Menjelang akhir pidatonya yang penuh gelak tawa pada 30 April lalu, Obama menyinggung jurnalisme di AS dan para jurnalis yang setia meliputnya di Gedung Putih selama dua periode dirinya menjabat. Pidato soal awak media ini bernada serius setelah sebelumnya Obama melontarkan bermacam lelucon.

"Saya tahu ada kalanya kita memiliki perbedaan, dan itulah yang melekat dalam peran institusional kita -- sungguh benar bagi setiap presiden (AS) dan korps medianya. Tapi kita selalu memiliki tujuan yang sama -- mengakar pada percakapan publik dalam kebenaran, membuka pintu demokrasi, melakukan apapun yang kita mampu untuk membuat negara kita dan dunia ini lebih bebas dan adil," ucap Obama seperti dilansir TIME, Selasa (3/5/2016).

"Dan saya selalu mengapresiasi peran yang Anda semua mainkan sebagai mitra setara dalam mencapai tujuan-tujuan ini," imbuhnya.

Baca juga: Sebut Istrinya Awet Muda, Obama yang Menua Pamerkan Foto Tengkorak

Obama kemudian menyinggung sejumlah jurnalis AS yang hadir dalam jamuan makan malam itu, termasuk tim jurnalis dari media lokal The Boston Globe, yang kisahnya difilmkan sebagai 'Spotlight' dan meraih piala Oscar sebagai film terbaik. Obama juga menyinggung Jason Rezaian, wartawan The Washington Post yang pernah dipenjara di Iran atas tudingan spionase, tahun lalu.

"Jadi, malam ini adalah penghargaan kepada Anda semua yang mengabdikan hidup Anda untuk gagasan itu, yang menyingkap kebenaran setiap harinya. Jadi saya ingin menutup Makan Malam Koresponden Gedung Putih terakhir saya ini dengan mengucapkan terima kasih. Saya sangat bangga dengan apa yang Anda lakukan. Sungguh menjadi penghargaan dan kehormatan untuk bekerja bersama Anda demi memperkuat demokrasi negara kita," terang Obama.

"Dengan itu, saya hanya punya dua kata lagi untuk diucapkan -- Obama out. Terima kasih," ucapnya sambil menjatuhkan sebuah mikrofon ke lantai, yang disambut tawa dan tepuk tangan hadirin.

Barack Obama mengakhiri pidato dengan menjatuhkan mikrofon (REUTERS/Yuri Gripas)

Aksi Obama itu mirip dengan yang dilakukan pemain basket NBA ternama, Kobe Bryant, yang menaruh mikrofon ke lantai pada pertengahan April lalu, saat mengakhiri pidato usai pertandingan terakhir dalam karier profesionalnya di NBA selama 20 tahun terakhir.

Makan malam koresponden Gedung Putih atau WHCD ini merupakan acara tahunan yang dihadiri para jurnalis, pengusaha media juga bintang Hollywood serta sejumlah politikus dari Capitol Hill. Tahun ini, Obama menghadiri WHCD terakhir sebelum melepas jabatannya tahun depan.

Baca juga: Obama Mengolok-olok Dirinya yang Kini Beruban dan Menghitung Hari Kematian

(nvc/ita)