detikNews
Kamis 21 Januari 2016, 17:38 WIB

PM Najib Bantah Terima Dana Rp 132 Miliar

Rita Uli Hutapea - detikNews
PM Najib Bantah Terima Dana Rp 132 Miliar Najib Razak (Foto: REUTERS/Olivia Harris)
Kuala Lumpur, - Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak membantah tudingan dirinya telah menerima dana sebesar 42 juta ringgit (sekitar Rp 132 miliar) dari SRC International ke rekening pribadinya.

Bantahan tersebut disampaikan pengacara Najib, Hafarizam hari ini.

Sebelumnya mantan Menteri Transportasi Ling Liong Sik menuduh Najib telah menerima dana tersebut.

"Dia (Najib) tak akan memberikan jawaban atau pernyataan apapun hingga penyelidikan selesai. Meski begitu, dengan tujuan merespons, klien saya membantah tuduhan 42 juta ringgit dari SRC telah masuk ke rekening pribadinya," kata Hafarizam seperti dilansir Channel News Asia, Kamis (21/1/2016).

"Saya bisa mengatakan bahwa klien saya tidak mengaku dirinya telah menerima 42 juta itu," imbuhnya.

SRC International merupakan bekas subsider lembaga investasi milik negara, 1Malaysia Development Berhad (1MDB), yang tengah diselidiki terkait utang-utangnya yang sangat besar.

Pada Juli 2015 lalu, media terkemuka Amerika Serikat, Wall Street Journal memberitakan, para penyidik yang menyelidiki kasus 1MDB telah mengindikasikan adanya aliran dana senilai hampir US$ 700 juta ke rekening bank Najib. PM Najib telah membantah dirinya menerima uang negara untuk kepentingan pribadi, dan menegaskan bahwa dana tersebut merupakan donasi politik dari Timur Tengah.

Terkait pemberitaan Wall Street Journal tersebut, Hafarizam mengatakan dirinya belum membahas dengan Najib apakah kasus hukum terhadap media AS itu akan dilanjutkan. "Keputusan (soal itu) akan dibuat segera," tandas Hafarizam.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com