DetikNews
Selasa 30 Desember 2014, 18:46 WIB

Pesawat AirAsia di Filipina Tergelincir Hingga Keluar Landasan

- detikNews
Pesawat AirAsia di Filipina Tergelincir Hingga Keluar Landasan Foto: Jet Damazo-Santos/Rappler
Manila -

Lagi-lagi, terjadi insiden yang melibatkan pesawat AirAsia di bandara Kalibo, Filipina. Pesawat ini mengalami hard landing akibat cuaca buruk, hingga tergelincir keluar dari landasan.

Seperti dilansir media setempat, rappler.com, Selasa (30/12/2014), pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan Z2 272 ini berhasil mendarat di bandara Kalibo, Aklan setelah terbang dari ibukota Manila pada Selasa malam waktu setempat.

Insiden berawal ketika pesawat yang dijadwalkan lepas landas dari bandara Manila pada pukul 15.10 waktu setempat ini, mengalami penundaan hingga 2 jam. Saat itu, penumpang diberitahu bahwa penerbangan lainnya milik maskapai Cebu Pacific yang juga bertujuan Kalibo, terpaksa terbang kembali ke Manila.

Pesawat AirAsia Z2 272 ini akhirnya lepas landas sekitar pukul 17.00 waktu setempat. Rute penerbangan domestik ini berlangsung lancar di tengah cuaca buruk hingga kemudian pesawat mendarat dengan keras di Kalibo.

Mesin pesawat tiba-tiba mati dan penumpang diminta meninggalkan barang bawaan mereka serta keluar dari pesawat menggunakan emergency slide.

Para penumpang kemudian dievakuasi ke terminal bandara di Kaliba, sedangkan penumpang lanjut usia segera mendapat bantuan medis.

Ketika ditanya soal apa yang terjadi, salah satu pramugari pesawat mengatakan bahwa hard landing tersebut disebabkan oleh angin kencang. Diketahui bahwa wilayah Filipina sat ini memang tengah dilandai badai tropis Seniang yang telah menewaskan 30 orang.

Insiden ini terjadi selang dua hari setelah pesawat AirAsia QZ8501 hilang kontak dalam penerbangan dari Surabaya ke Singapura. Sementara itu, insiden pesawat AirAsia juga terjadi pada Senin (29/12) di kota Tagbilaran, Filipina ketika pesawat mengalami pecah ban sehingga lepas landas harus dibatalkan.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed