DetikNews
Jumat 14 November 2014, 17:05 WIB

Gambar Jokowi Pakai Celemek di Tabloid Australia Dianggap Tak Sopan

- detikNews
Gambar Jokowi Pakai Celemek di Tabloid Australia Dianggap Tak Sopan Foto: AFP
Brisbane, -

Sebuah surat kabar Australia memberikan penyambutan tak biasa bagi para pemimpin dunia yang akan mengikuti KTT G20 di Brisbane, Australia akhir pekan ini. Tabloid Courier-Mail tersebut menampilkan gambar unik para pemimpin dunia dengan berbagai gaya busana. Media-media asing pun ramai memberitakan halaman depan tabloid yang berbasis di Brisbane tersebut.

Kantor berita terkemuka AFP, Jumat (14/11/2014) bahkan menulisnya sebagai penyambutan tak sopan oleh surat kabar Australia. "An Australian newspaper gave G20 leaders an irreverent welcome Friday..." demikian tulis media besar yang berbasis di Prancis tersebut.

Dalam edisinya hari ini, di halaman depan Courier-Mail ditampilkan gambar Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang bertelanjang dada dan mengenakan celana renang. Ada pula Presiden RI Joko Widodo yang mengenakan peci hitam dan baju kotak-kotak, yang digambarkan sebagai tukang masak barbekyu lengkap dengan celemeknya. Persis di sebelah Presiden Jokowi tampak Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma yang sedang memegang botol bir.

Dengan judul 'Welcome to Paradise', media itu juga menampilkan gambar Kanselir Jerman Angela Merkel, yang sedang memeluk seekor koala dan Presiden Rusia Vladimir Putin yang mengenakan topi yang terbuat dari karton bir.

Sementara Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe tampak berpakaian seperti penjaga pantai (lifeguard) dan Presiden China Xi Jinping terlihat seperti akan pergi berenang dengan sehelai handuk di atas bahunya.

Media besar Amerika Serikat, CNN juga mengangkat foto yang dipasang Courier-Mail tersebut. "Obama in shorts? Xi in his swimmers? Brisbane welcomes G20 to 'paradise'," demikian ditulis CNN dalam situsnya.

Gambar para pemimpin dunia tersebut telah menimbulkan berbagai reaksi. Salah satunya, Kedutaan Jerman di Australia yang menganggapnya sebagai hal yang mengagumkan. "Thank you Courier Mail for this awesome front page - Welcome to Paradise!" demikian postingan Kedutaan Jerman di akun Twitternya.

Pada halaman depannya ini, koran Courier-Mail menulis hal-hal ringan seperti memberikan nama panggilan bagi Obama dengan "Bazza" dan menjelaskan hal-hal penting di Brisbane. Namun di dalamnya, tabloid tersebut menulis hal yang lebih serius, yakni tentang jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 dan meminta Presiden Putin untuk mengucapkan kata maaf.

Dalam surat pendeknya untuk Putin, tabloid tersebut mengucapkan terima kasih pada Putin atas kunjungannya ke Brisbane. "Namun sebelum KTT dimulai, ada satu kata yang ingin didengar rakyat Australia -- maaf," demikian ditulis media tersebut.

Pesawat MH17 jatuh pada Juli lalu di atas wilayah konflik Ukraina timur, yang dikuasai para pemberontak pro-Rusia. Ada 38 warga Australia di antara 298 orang yang berada di pesawat tersebut. Negara-negara Barat yakin bahwa MH17 ditembak jatuh dengan rudal yang dipasok Rusia. Namun hal ini dibantah keras pemerintah Rusia.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed