DetikNews
Rabu 05 November 2014, 12:24 WIB

Menang Besar di Pemilihan Sela AS, Partai Republik Kuasai Senat

- detikNews
Menang Besar di Pemilihan Sela AS, Partai Republik Kuasai Senat
Washington, - Partai Republik meraih kemenangan besar dalam pemilihan sela di Amerika Serikat yang digelar hari ini. Dengan kemenangan ini, partai Republik pun berhasil menguasai Senat AS. Kemenangan Republik ini akan tentunya akan menyulitkan Presiden AS Barack Obama selama sisa jabatan dua tahunnya.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (5/11/2014), para pemilih AS yang tidak puas akan Obama, khawatir akan perekonomian dan jenuh dengan kebuntuan partisan di Washington, telah memberikan suara mayoritas bagi partai Republik di Kongres. Ini merupakan yang pertama kalinya sejak pemilihan pada tahun 2006 silam.

Pemilihan sela untuk menentukan partai yang menguasai Senat ini diikuti oleh jutaan pemilih AS. Tempat-tempat pemungutan suara di wilayah timur sudah dibuka sejak pukul 06.00 Selasa (04/11) waktu setempat.

Pemilihan sela yang berlangsung Selasa, 4 November waktu setempat itu digelar untuk memilih 36 senator, 36 gubernur negara bagian dan keseluruhan 435 anggota DPR. Namun dalam pemilihan sela ini, partai Republik, yang sudah menguasai Dewan Perwakilan Rakyat, hanya perlu menambah enam kursi agar dapat menguasai Senat.

Sebelumnya, banyak analis telah memperkirakan Republik akan menang. Alasannya, popularitas Presiden Obama dari Partai Demokrat turun ke tingkat paling rendah sejak dia dipilih menjadi presiden. Popularitas Obama gagal bertahan di atas 40 persen meskipun terjadi perbaikan di bidang ekonomi.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed