detikNews
Sabtu 02 Agustus 2014, 14:40 WIB

Kongres AS Setujui Dana Rp 2,6 T Untuk Iron Dome Israel

- detikNews
Kongres AS Setujui Dana Rp 2,6 T Untuk Iron Dome Israel
Washington, - Kongres Amerika Serikat menyetujui pengucuran dana US$ 225 juta (sekitar Rp 2,6 triliun) untuk sistem antirudal Israel, Iron Dome. Persetujuan ini diberikan di tengah terus berkecamuknya konflik Gaza.

Dewan Perwakilan Rakyat AS alias House of Representatives menyetujui dana tersebut dalam voting yang digelar pada Jumat, 1 Agustus malam waktu setempat. Dalam voting tersebut seperti dilansir AFP, Sabtu (2/8/2014), 395 anggota menyatakan setuju dan hanya 8 anggota yang menolaknya.

Sebelumnya, Senat AS, dengan suara bulat, telah lebih dulu menyetujui dana tersebut sebelum dimulainya lima pekan reses parlemen selama musim panas. Kini, keputusan pengucuran dana tersebut tinggal menunggu tanda tangan Presiden Barack Obama.

Dana pembelanjaan darurat ini digunakan untuk melengkapi kembali sistem Iron Dome dengan rudal-rudal interseptor. Sistem Iron Dome digunakan untuk menghancurkan rudal-rudal yang ditembakkan kelompok Hamas sebelum mencapai target.

Dana ini merupakan bagian dari permintaan dana pemerintah AS sebesar US$ 3,1 miliar untuk bantuan militer bagi Israel. Negeri Yahudi tersebut merupakan penerima bantuan asing AS terbesar di dunia.

Tahun 2013 lalu, Kongres AS telah menyetujui pengucuran dana US$ 235 juta untuk Iron Dome.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com