DetikNews
Sabtu 22 Maret 2014, 18:01 WIB

Berkunjung ke China, Michelle Obama Bangkitkan Kenangan Diplomasi Pingpong

- detikNews
Berkunjung ke China, Michelle Obama Bangkitkan Kenangan Diplomasi Pingpong Andy Wong/Pool/Reuters
Beijing - Dalam kunjungannya ke China, ibu negara Amerika Serikat Michelle Obama mengulang kembali diplomasi pingpong yang mencairkan hubungan Sino-Amerika lebih dari 40 tahun lalu. Michelle asyik bermain pingpong ketika mengunjungi sebuah sekolah di Beijing.

Pada hari pertama kunjungan, Michelle dengan didampingi kedua putrinya, Malia dan Sasha serta ibundanya, Marian Robinson melakukan kunjungan ke Beijing Normal School. Mereka disambut oleh ibu negara China, Peng Liyuan yang kemudian mengajaknya keliling sekolah.

Kunjungan ini merupakan kunjungan resmi kenegaraan untuk meningkatkan hubungan AS dengan China. Spanduk bertuliskan 'Warmly Welcome to Our School' menyambutnya di depan gedung sekolah.

Michelle sempat melihat peragaan robot di laboratorium sekolah tersebut. Siswa-siswa sekolah menengah di Beijing tersebut menunjukkan aksi robot buatan mereka di hadapan istri Presiden AS Barack Obama ini.

Lalu Michelle sempat mengobrol dengan sejumlah siswa sekolah tersebut, sebelum akhirnya dia tiba di ruang latihan pingpong. Ada enam meja pingpong di ruangan tersebut dan instruktur menanyakan kepada Michelle apakah dia ingin mencoba bermain pingpong.

"Baiklah, tunggu," jawab Michelle sambil melepas rompi yang dikenakannya, seperti dilansir CNN, Sabtu (22/3/2014). "Bagaimana saya memegang bet (alat pemukul bola pingpong) dengan benar?" tanyanya.

"Caranya seperti ini," sang instruktur menjawab sambil memperagakan cara memegang bet secara vertikal.

"Oke, kita akan melakukannya. Mari kita mulai," ucap Michelle lagi.

Michelle asyik bermain pingpong selama 5 menit. Pertama dia melawan sang instruktur, lalu dengan seorang wanita muda, sembari siswa lainnya menyaksikan.

Usai bermain pingpong, Michelle mengakui dirinya memang tidak mahir bermain pingpong. "Suami saya yang kerap bermain (pingpong). Dia pikir dia lebih baik dari yang sebenarnya. Saya bisa tinggal di sini sepanjang hari," cerita Michelle.

Diplomasi pingpong pertama terjadi pada tahun 1971 lalu ketika pertandingan seorang pemain pingpong China dengan pemain pingpong AS berujung pada keputusan China mengunjang tim tenis meja AS untuk melakukan pertandingan persahabatan.

Pertandingan tersebut akhirnya berujung pada kunjungan Presiden AS saat itu, Richard Nixon ke China pada tahun 1972. Kunjungan ini berlanjut pada terbentuknya ikatan diplomatik antara kedua negara mulai tahun 1979, yang juga mengakhiri isolasi China dari dunia luar.


(nvc/gah)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed