detikNews
Senin 20 Januari 2014, 18:42 WIB

Polisi Hong Kong Tangkap Majikan yang Menyiksa PRT Erwiana

- detikNews
Polisi Hong Kong Tangkap Majikan yang Menyiksa PRT Erwiana Aksi demo PRT Hong Kong (SCMP)
Hong Kong - Kepolisian Hong Kong berhasil menangkap majikan pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia yang disiksa di negara tersebut. Majikan ini menyiksa PRT Indonesia tersebut hingga tidak bisa berjalan.

Juru bicara kepolisian Hong Kong menyatakan, majikan yang berusia 44 tahun tersebut ditangkap di bandara. Wanita itu dijerat dakwaan melukai orang lain. Juru bicara tersebut enggan menjelaskan lebih lanjut mengenai penangkapan tersebut.

Demikian seperti dilansir AFP<\/em>, Senin (20\/1\/2014).

PRT bernama Erwiana Sulistyaningsih ini disiksa oleh majikannya selama delapan bulan di Hong Kong. Akibat penyiksaan tersebut, Erwiana hingga tidak bisa berjalan karena luka-luka yang dideritanya.

PRT berusia 22 tahun ini pulang kembali ke Indonesia pada awal bulan ini. Erwiana dirawat di sebuah rumah sakit di Sragen, Jawa Tengah. Kondisinya dilaporkan terus membaik dan para dokter berharap luka-lukanya akan sembuh dalam dua pekan.

Penyidik kepolisian Hong Kong sempat mengunjungi Erwiana di Indonesia untuk meminta keterangannya terkait kasus ini, pekan lalu. Saat itu, mereka berjanji akan mengambil tindakan tegas atas kasus ini.

Menanggapi kasus ini, pada Kamis (15\/1) lalu para PRT turun ke jalan-jalan di Hong Kong untuk berdemonstrasi menuntut keadilan bagi Erwiana. Dalam aksi demo tersebut, para PRT juga menuntut perlindungan yang lebih baik bagi ratusan ribu PRT asing di wilayah tersebut.

Hong Kong mempekerjakan nyaris sebanyak 300 ribu PRT asing, terutama dari Indonesia dan Filipina.





(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com