detikNews
Jumat 22 November 2013, 16:56 WIB

Jumlah Gelandangan di New York dan Los Angeles Melonjak

- detikNews
Jumlah Gelandangan di New York dan Los Angeles Melonjak Ilustrasi (Getty Images)
Washington - Jumlah orang miskin di kota New York dan juga Los Angeles, Amerika Serikat mengalami peningkatan. Populasi gelandangan di kedua kota besar tersebut masing-masing bertambah hingga 13 persen dan 27 persen dalam waktu setahun terakhir.

Hal tersebut terungkap dalam statistik federal dari Departemen Perumahan dan Pembangunan Urban AS (HUD) yang dilakukan setiap tahunnya. Penghitungan dilakukan di sebanyak 3.000 kota dan distrik di seluruh wilayah AS.

Kali ini, untuk jangka waktu Januari 2012 - Januari 2013, terungkap bahwa jumlah orang yang hidup di tempat penampungan maupun di jalanan di sejumlah kota besar di AS termasuk New York dan Los Angeles, mengalami peningkatan. Demikian seperti dilansir Press TV, Jumat (22/11/2013).

Menurut statistik federal terbaru, jumlah keseluruhan gelandangan di AS sebenarnya mengalami penurunan hingga 4 persen, yakni dari 633.782 orang menjadi 610.042 orang. Namun, hal sebaliknya terjadi di beberapa kota besar di AS.

Petugas pendata HUD mewawancarai orang-orang yang hidup di penampungan, rumah singgah, dan lokasi lainnya seperti mobil dan gedung kosong. Hasilnya ditemukan bahwa nyaris seperempat gelandangan di AS masih berusia di bawah 18 tahun.

Lonjakan jumlah gelandangan di kota-kota besar AS, menurut HUD, dipicu oleh meningkatnya keluarga yang tidak mampu membayar sewa tempat tinggal mereka.

Atas hal tersebut, Wali kota New York Bill de Blasio menjanjikan apartemen murah bagi para gelandangan, serta adanya subsidi bagi sewa tempat tinggal. Blasio yang baru terpilih ini akan mulai bertugas pada Januari 2014 mendatang.

Sementara itu, Sekretaris HUD Shaun Donovan mengingatkan bahwa pemotongan anggaran oleh Kongres AS akan kian memperumit masalah ini. \"Kami tidak bisa mengatur keseimbangan anggaran kami bagi masyarakat yang paling rentan,\" ucap Donovan seperti dikutip New York Times.





(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com