detikNews
Kamis 26 September 2013, 06:05 WIB

Warga Pakistan Ramai-ramai Datangi Pulau Baru yang Muncul karena Gempa

- detikNews
Warga Pakistan Ramai-ramai Datangi Pulau Baru yang Muncul karena Gempa Pulau baru yang muncul usai gempa Pakistan (AFP)
Islamabad - Pulau kecil yang muncul di perairan dekat pantai Pakistan pasca gempa 7,7 SR menarik perhatian warga setempat. Dengan menggunakan perahu seadanya, mereka berlayar mendekati pulau baru tersebut.

\"Ini bukan hal kecil, tapi hal yang besar yang muncul dari dalam air,\" tutur seorang warga setempat, Muhammad Rustam kepada AFP, Rabu (25/9/2013).

Terlihat puluhan orang telah berada di atas pulau yang lebih tampak seperti gundukan bebatuan tersebut. Mereka sibuk mengamati dan memperhatikan pulau yang baru muncul beberapa jam setelah gempa.

Gempa berkekuatan 7,7 SR terjadi pada Selasa, 24 September sekitar pukul 16.29 waktu setempat. Pusat gempa berada sekitar 20 kilometer di bawah tanah di distrik Awaran, provinsi Baluchistan yang berbatasan dengan Iran.

\"Terlihat sangat, sangat aneh bagi saya dan juga sedikit menakutkan karena tiba-tiba pulau sebesar ini muncul dari air,\" imbuh Rustam.

Pulau kecil yang muncul di lokasi sejauh 200 meter dari garis pantai ini memiliki ketinggian sekitar 18-21 meter. Sedangkan panjangnya mencapai 91 meter dengan lebar mencapai 36 meter.

Fotografer AFP menuturkan, permukaan pulau ini terlihat solid, namun diwarnai oleh adanya bebatuan, pasir, dan lumpur. Ditambah adanya ikan-ikan yang mati dan ganggang laut di permukaan pulau ini.

Karena baru muncul setelah gempa, warga setempat menyebut pulau baru ini sebagai \'Pulau Gempa Bumi\'.





(nvc/fjr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com