detikNews
Kamis 26 September 2013, 02:12 WIB

328 Orang Tewas Akibat Gempa di Pakistan, Pencarian Terus Dilakukan

- detikNews
328 Orang Tewas Akibat Gempa di Pakistan, Pencarian Terus Dilakukan AFP
Islamabad - Korban tewas akibat gempa bumi dahsyat di Pakistan terus bertambah. Sejauh ini, sedikitnya 328 orang tewas akibat gempa bumi berkekuatan 7,7 skala richter ini.

Wilayah terpencil Awaran di Provinsi Baluchistan, Pakistan merupakan wilayah terparah yang dilanda gempa ini. Otoritas Penanggulangan Bencana Provinsi (PDMA) memastikan sedikitnya 328 orang tewas dan lebih dari 450 orang lainnya mengalami luka-luka akibat bencana alam ini.

Seperti dilansir AFP<\/em> dan Reuters<\/em>, Rabu (25\/9\/2013), gempa ini menghancurkan ratusan rumah warga setempat dan memutuskan jaringan komunikasi. Bahkan yang terparah, gempa ini memicu munculnya sebuah pulau kecil di Laut Arab yang dekat dengan wilayah pantai Pakistan.

\\\"Sejauh ini, 285 jasad berhasil ditemukan di distrik Awaran. Dan sebanyak 42 jasad lainnya ditemukan di wilayah tetangga, distrik Kech. Kami mulai menguburkan korban tewas,\\\" ujar Wakil Komisioner Awaran, Abdul Rasheed Gogazai.

Lebih dari 300 orang terkena dampak langsung dari gempa ini. Sebanyak 6 distrik seperti Awaran, Kech, Gwadar, Panjgur, Chaghi, dan Khuzdar dilaporkan mengalami kerusakan.

\\\"Orang-orang masih terjebak di bawah reruntuhan, namun ini merupakan bencana besar dan dibutuhkan banyak waktu untuk menjangkau dan menyelamatkan semua orang,\\\" ucap juru bicara pemerintahan provinsi Baluchistan, Jan Muhammad Buledi.

Otoritas setempat berusaha keras untuk mengevakuasi dan menyelamatkan seluruh korban. Diprioritaskan untuk membawa korban-korban luka ke rumah sakit.

Tugas penyelamatan ini tidak mudah karena sejumlah hambatan, seperti lokasi bencana yang terlalu terpencil dan terbatasnya infrastruktur. Otoritas setempat juga berusaha untuk menyediakan tenda penampungan bagi ribuan orang yang kehilanagn rumahnya akibat gempa ini.

\\\"Sulit untuk memperkirakan besarnya kerugian karena area terdampak sangay luas dengan banyak desa kecil dan tersebar,\\\" jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional, Mayor Jenderal Muhammad Saeed Aleem.

\\\"Kita akan mendapat citra satelit malam ini dan kemudian kita dalam posisi untuk menganalisis besarnya kerugian,\\\" imbuhnya.




(nvc/fjr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com