DetikNews
Jumat 06 September 2013, 07:37 WIB

Laporan Dari St Petersburg

Serba Gratis di Media Centre KTT G20

- detikNews
Serba Gratis di Media Centre KTT G20 Media Pavilion (Atas), Restaurant (bawah)
St Petersburg - Pemerintah Rusia memang tidak main-main dengan perhelatan KTT G20 yang berlangsung 5-6 September 2013. Dalam membangun media centre pun, Rusia tidak asal-asalan. Wartawan dari berbagai negara dijamu dan dimanjakan untuk melakukan kegiatan jurnalismenya. Semuanya serba gratis.

Media center KTT G20 ini dibangun pemerintah Rusia di dekat Istana Konstantin (Constantine Palace) yang terletak di kota Strelna. Lokasi ini cukup jauh dari pusat kota St Petersburg. Namun, untuk mencapai lokasi, bukan sesuatu yang sulit. Sebab, panitia KTT G20 menyediakan transportasi dari hotel-hotel para wartawan dari berbagai negara itu menginap di tengah kota.

Tidak hanya transportasi darat yang disediakan. Namun kapal cepat juga disediakan secara gratis untuk membawa para wartawan menuju media center yang terletak di pinggir laut itu. Baik shuttle bus maupun boat sudah diatur jam keberangkatannya. Wartawan hanya menentukan waktu keberangkatannya saja. Tinggal pilih.

Para wartawan memang tidak diperbolehkan menuju media center lewat darat, terkait upaya pengetatan keamanan bagi para kepala negara\/pemerintahan anggota G 20. Satu-satunya jalan harus lewat laut. Perlu waktu sekitar 20 menit dari pelabuhan menuju Media Centre itu.

Tidak sembarang wartawan bisa masuk ke pelabuhan khusus untuk menuju media centre. Hanya wartawan yang memiliki ID card khusus G20 berwarna kuning yang bisa masuk. Pemeriksaan dilakukan secara ketat oleh aparat keamanan Rusia.

Media centre terdiri dari beberapa tenda besar yang saling tersambung. Ada Media Pavilion yang merupakan tempat para wartawan untuk melakukan tugas-tugas jurnalismenya. Di tenda yang sangat luas ini disediakan meja-meja untuk bekerja. Sebagian meja terdapat komputer dengan layar 20 inchi. Sebagian meja merupakan meja kosong disediakan buat wartawan yang ingin bekerja dengan laptopnya sendiri. Ruangan Media Pavillion bisa menampung ribuan wartawan.

Di Media Pavilion terdapat televisi-televisi layar lebar yang setiap saat menyiarkan perkembangan-perkembangan kegiatan para pimpinan G-20 di Istana Konstantin dan Istana Peterhof. Wartawan juga bisa mendengarkan pidato-pidato para pimpinan G-20 dari layar lebar yang disediakan di berbagai sudut itu dan memantau agenda-agenda para pimpinan G20.

Untuk kebutuhan browsing internet dan pengiriman berita, panitia menyediakan wifi gratis dengan kecepatan tinggi. Jadi sangat mudah bagi para wartawan untuk mengolah dan mengirimkan berita. Internet gratis tersedia di semua tenda di kompleks Media Centre ini. Dengan demikian wartawan bisa bekerja tidak hanya di Media Pavilion, tapi juga bisa bekerja di tenda-tenda lain, termasuk di Restaurant.

Tenda Restaurant juga nyaman dibuat bekerja. Di tempat ini disediakan makan dan minum secara gratis. Wartawan boleh ambil minuman dan makanan apa saja, semaunya. Semua jenis minuman ada di sini, dari air putih sampai wine. Makanan berat juga beragam, termasuk makanan penutupnya. Makanan ringan juga disediakan.

Di Restaurant, para wartawan juga disediakan panggung musik. Ada beberapa jadwal live music yang ditampilkan di panggung yang bisa menghibur dan menghilangkan kepenatan para wartawan. Restaurant ini terdiri dari dua lantai, sehingga bisa menampung ribuan wartawan.

Selain Restaurant, ada juga tenda National Delegation Press-Offices, yang merupakan tempat para kantor media delegasi KTT G-20. Media Centre juga memiliki 5 ruang briefing yang dilengkapi dengan pencahayaan profesional dan kemampuan audio yang bagus. Ruangan ini bisa digunakan stasiun-stasiun televisi.

Media Centre G-20 ini mulai dibuka untuk wartawan sejak 4 September 2013. Wartawan bisa menggunakannya hingga pukul 12.00 7 September 2013. Anggota panitia yang bisa berbahasa Inggris berada di media centre dalam jumlah sangat banyak yang ditugasi melayani para wartawan. Jadi kapan pun wartawan bisa mencari informasi apa pun dengan mudah.





(asy/asy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed