detikNews
Kamis 04 Juli 2013, 13:17 WIB

Morsi Ditahan di Kementerian Pertahanan Mesir, Terpisah dari Ajudan

- detikNews
Morsi Ditahan di Kementerian Pertahanan Mesir, Terpisah dari Ajudan foto: Getty Images
Kairo, - Presiden Mesir yang baru digulingkan, Mohamed Morsi, masih ditahan oleh pihak militer negeri itu. Tokoh Ikhwanul Muslimin tersebut kini ditahan di tempat terpisah dari para ajudannya.

Sebelumnya seperti dilansir kantor berita AFP,<\/em> Kamis (4\/7\/2013), Morsi dan para ajudannya ditahan di Klub Pengamanan Presiden Republik Mesir.

Namun menurut Gehad El Haddad, anak ajudan kepercayaan Morsi, Essam El Haddad, Morsi kini dipindahkan ke Kementerian Pertahanan Mesir.

\\\"Untuk pencegahan, dia telah ditahan untuk persiapan final,\\\" kata salah seorang pejabat militer senior.

Morsi ditahan bersama para ajudan seniornya setelah mengeluarkan ajakan bagi para pendukungnya untuk mempertahankan legitimasinya. Pernyataan tersebut dilontarkannya beberapa jam usai pihak militer mengumumkan penggulingan dirinya dari kursi presiden.

Pihak militer menilai ajakan Morsi itu bernuansa hasutan. Hal tersebut dikhawatirkan bisa semakin mengancam keamanan Mesir yang masih bergejolak.

\\\"Dalam beberapa hal, kami harus melawan hal itu (ajakan Morsi). Itu adalah retorika yang mengancam. Dia telah menciptakan perselisihan di antara rakyat Mesir,\\\" kata pejabat militer tersebut.

Sedikitnya 50 orang dilaporkan telah tewas dalam gejolak di Mesir yang berlangsung sejak 30 Juni lalu. Angkatan bersenjata Mesir pun mengultimatum Morsi agar membuat kesepakatan dengan para demonstran guna menyelesaikan krisis.

Menyusul tergulingnya Morsi, polisi Mesir juga menangkap kepala Partai Kebebasan dan Keadilan, Saad Al Katatni. Partai tersebut juga merupakan partai pendukung Morsi. Selain itu Wakil Pemimpin Tinggi Ikhwanul Muslimin Rashad Bayioumi juga telah ditangkap.




(dnu/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +