detikNews
Selasa 02 Juli 2013, 14:53 WIB

Menteri Mesir Ramai-ramai Mengundurkan Diri, Menlu Juga

- detikNews
Menteri Mesir Ramai-ramai Mengundurkan Diri, Menlu Juga aksi demo di Lapangan Tahrir, Kairo (Reuters)
Kairo, - Mesir kembali dilanda aksi demo besar-besaran. Di tengah unjuk rasa antipemerintah itu, delapan anggota parlemen dan sejumlah menteri yang tergabung dalam pemerintahan Presiden Mohamed Morsi mengundurkan diri. Yang terbaru, Menteri Luar Negeri (Menlu) Mesir Mohammed Kamel Amr ikut mengundurkan diri.

Menurut kantor berita Mesir, MENA dan dilansir AFP, <\/em>Selasa (1\/7\/2013). Amr telah menyerahkan surat pengunduran dirinya. Tidak disebutkan alasan pengunduran dirinya.

Sebelumnya, 10 menteri jajaran pemerintahan Mesir telah mengajukan surat pengunduran diri. Begitu pula dengan delapan anggota parlemen Mesir yang mundur di tengah maraknya aksi-aksi demo di berbagai wilayah Mesir.

Pengunduran diri massal jajaran kementerian ini merupakan pukulan lebih jauh bagi Presiden Morsi, yang sebelumnya telah diberi ultimatum oleh militer Mesir. Militer mengultimatum Morsi untuk menyelesaikan krisis politik ini dalam waktu 48 jam, jika tidak, militer akan mengambil tindakan intervensi.

Presiden Morsi telah menolak ultimatum tersebut. Morsi menegaskan, dirinya akan terus melanjutkan rencana-rencananya untuk melakukan rekonsiliasi nasional.

Sebelumnya pada Minggu, 30 Juni waktu setempat, jutaan demonstran turun ke jalan-jalan di Kairo dan kota-kota Mesir lainnya. Massa menuntut Presiden Morsi lengser dari jabatan yang baru setahun dipegangnya. Morsi dituding lebih memprioritaskan kepentingan Ikhwanul Muslimin daripada kepentingan rakyat banyak.




(ita/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com