DetikNews
Selasa 21 Mei 2013, 04:35 WIB

Dalam 1 Hari, Rentetan Bom Mobil Tewaskan 70 Muslim Syiah di Irak

- detikNews
Dalam 1 Hari, Rentetan Bom Mobil Tewaskan 70 Muslim Syiah di Irak
Baghdad, - Lebih dari 70 orang warga Irak menjadi korban meninggal dari serangkaian bom bunuh diri di sejumlah wilayah di Irak. Bom tersebut ditujukan untuk kaum muslih syiah di negeri 1001 malam itu.

Seperti dilansir dari Reuters, Senin (20\/5\/2013) waktu setempat, rentetan serangan bom mobil itu terjadi di sejumlah wilayah di Irak. Belum ada satu kelompok pun yang mengaku bertanggung jawab terkait serangan itu.

Di Basra, yang terletak 420 Km sebelah tenggara Baghdad, sebuah bom mobil meledak di dekat toko roti. Sembilan buruh tewas akibat serangan di kota yang didominasi kaum Syiah itu.

Tak jauh dari lokasi kejadian itu, bom mobil juga meledak di terminal bus di Saa Square Basra. Lima orang tewas.

Di Baghdad, sedikitnya 30 orang dilaporkan tewas akibat bom mobil yang meledak masing-masing di wilayah Kamaliya, Ilaam, Diyala Bridge, al-Shurta, Shula, Zaafaraniya dan Sadr City. Wilayah-wilayah itu dikenal sebagai wilayah dengan dominasi penduduk Syiah.

Sebuah bom mobil juga meledak di distrik Shaab dan menewaskan 12 orang dan melukai 26 lainnya. Di Balad, 80 km sebelah utara Baghdad, sebuah mobil yang diparkir di dekat sebuah bus, tiba-tiba meledak. Bus tersebut diketahui tengah membawa muslim Syiah. Lima orang meninggal.

Di Hilla, 100 Km sebelah selatan Baghdad, bom mobil meledak di dekat masjid kaum Syiah. Sebanyak 11 orang meninggal.

Tensi ketegangan antara kaum Sunni dan Syiah di Irak sebenarnya telah menurun sejak mencapai puncaknya pada tahun 2006 dan 2007. Namun hingga kini serangan-serangan tersebut tetap sering terjadi. Menurut data dari sumber-sumber resmi Irak, lebih dari 200 orang tewas dalam tiap bulan selama lima bulan pertama tahun ini.



(fjp/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed