DetikNews
Senin 08 April 2013, 19:28 WIB

PM Legendaris Inggris Margaret Thatcher Tutup Usia

- detikNews
PM Legendaris Inggris Margaret Thatcher Tutup Usia Margaret Thatcher (AFP)
London - Mantan Perdana Menteri Inggris yang legendaris, Margaret Thatcher, tutup usia. Wanita yang dijuluki \\\'Iron Lady\\\' ini meninggal dunia pada usia 87 tahun setelah mengalami stroke.

\\\"Merupakan kesedihan yang luar biasa ketika Mark dan Carol Thatcher mengumumkan kepergian ibunda mereka, Baroness Thatcher, dalam damai setelah stroke pagi ini,\\\" ujar juru bicara Thatcher, Lord TIm Bell, seperti dilansir AFP<\/em>, Senin (8\/4\/2013).

Berita kematian Thatcher ini langsung menyebar luas di kalangan publik Inggris, termasuk juga keluarga kerajaan. Melalui juru bicara Istrana Buckingham, Ratu Elizabeth II telah menyatakan duka cita mendalam.

\\\"Ratu sangat sedih mendengar berita kepergian Baroness Thatcher. Yang Mulia akan mengirimkan pesan duka cita secara pribadi kepada keluarganya,\\\" demikian pernyatan pihak kerajaan.

Perdana Menteri Inggris periode 1979-1990 ini menderita demensia dan jarang terlihat di depan publik selama beberapa tahun terakhir. Thatcher pernah dirawat di rumah sakit pada Desember 2012 lalu setelah mejalani operasi.

Mantan pemimpin Partai Konservatif ini merupakan satu-satunya Perdana Menteri wanita sepanjang sejarah Inggris dan salah satu yang paling lama berkuasa. Semasa memimpin, Thatcher dikenal sangat tegas sehingga mendapat julukuan \\\'Wanita Besi\\\' atau Iron Lady. Hollywood mengangkat kisah hidupnya dalam film \\\"Iron Lady\\\" yang diperankan Meryl Streep.





(nvc/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed