DetikNews
Jumat 17 Februari 2012, 18:17 WIB

Terlilit Skandal, Presiden Jerman Akan Mengundurkan Diri

- detikNews
Terlilit Skandal, Presiden Jerman Akan Mengundurkan Diri
Berlin - Presiden Jerman Christian Wulff akan mengumumkan pengunduran dirinya. Sumber dari dalam pihak koalisi menyatakan, Wulff akan menyampaikan pengunduran dirinya dalam sebuah pidato di stasiun televisi Jumat ini.

Berdasarkan sumber yang diterima AFP, Jumat (17\/2\/2012), Wulff akan mengumumkan pengunduran dirinya setelah jaksa menuntut untuk mencabut kekebalan Wulff guna menyelidiki penyalahgunaan jabatannya. Wulff diberitakan di media telah mendapatkan keuntungan saat dirinya menjabat kepala pemerintahan di negara bagian Lower Saxony.

Wulff berasal dari partai yang sama dengan Kanselir Jerman Angela Merkel, yakni Partai Persatuan Demokrasi Kristen (CDU). Wulff akan membuat pernyataan pengunduran diri ini di Istana Bellevue di Berlin pada pukul 10.00 waktu setempat.

Wulff yang berusia 52 tahun ini diguncang berbagai skandal dan tuduhan sejak pertengahan Desember lalu karena memiliki koneksi dengan seorang pengusaha kaya. Wulff kemudian menghadapi gugatan karena dirinya berusaha menutup-nutupi cerita tersebut, serta laporan dirinya menerima liburan gratis dari seorang teman.

Wulff menjadi sorotan ketika Koran Bild memberitakan bahwa dirinya gagal membayar pinjamam rumah sebesar US$ 660.000 dengan tingkat bunga yang sangat menguntungkan yang dia terima pada tahun 2008 saat menjabat sebagai perdana menteri Lower Saxony.




(fiq/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed