Hizbullah Pastikan BBM Iran untuk Lebanon Tiba Pekan Ini

dtv - detikNews
Selasa, 14 Sep 2021 09:46 WIB
Jakarta -

Pemimpin kelompok militan Hizbullah mengatakan pada hari Senin (13/9) kapal tanker pertama yang membawa bahan bakar Iran ke Lebanon telah tiba di pelabuhan Suriah.BBM itu akan dikirim ke Lebanon dengan truk tanker akhir pekan ini.

Kedatangan kapal tanker itu terjadi hampir sebulan setelah Hassan Nasrallah mengatakan kelompok itu akan mulai membawa bahan bakar dari Iran. Sebagai upaya untuk meredakan krisis bahan bakar yang melumpuhkan yang telah dialami Lebanon selama berbulan-bulan.

Pengiriman itu diselenggarakan oleh kelompok yang didukung Iran, melanggar sanksi AS yang dijatuhkan pada Teheran setelah mantan Presiden Donald Trump menarik Amerika keluar dari kesepakatan nuklir antara Iran dan kekuatan dunia tiga tahun lalu.

Kedatangan kapal tanker Iran yang membawa bahan bakar menuju Lebanon terjadi beberapa hari setelah pemerintah baru dibentuk untuk mengakhiri kebuntuan selama 13 bulan.

Nasrallah mengatakan dalam pidato yang disiarkan televisi Senin (13/9) malam bahwa kelompok itu memilih kapal tanker untuk berlabuh di pelabuhan Suriah untuk menghindari sanksi. Suriah, juga di bawah sanksi AS, sebagian besar mengandalkan pasokan minyak dari sekutu kuatnya Iran.

Nasrallah mengatakan kapal tanker itu tiba di pelabuhan Suriah, Banias, Minggu pagi dan proses pembongkaran bahan bakar dimulai pada hari yang sama. Pemimpin Hizbullah menambahkan bahwa pemerintah Suriah telah memobilisasi puluhan truk tanker untuk membawa solar ke kota Baalbek di Lebanon timur pada hari Kamis.

Sebanyak tiga tanker lain yang membawa solar dan satu yang membawa bensin akan tiba dalam beberapa minggu mendatang. Dan BBM akan distribusikan untuk jangka waktu satu bulan ke institusi termasuk rumah sakit umum, panti jompo, panti asuhan, stasiun air dan Palang Merah Lebanon.

Nasrallah menambahkan, pihak lain yang akan mendapatkan BBM dengan harga murah adalah rumah sakit swasta, pabrik obat dan serum, toko roti dan koperasi yang menjual produk pangan.

(alj/)