Foto

Foto Populer Sepekan: Italia Juara Euro 2020-Vaksin Berbayar Dibatalkan

Dok. Detikcom - detikNews
Minggu, 18 Jul 2021 07:00 WIB

Jakarta - Sejumlah peristiwa terjadi selama sepekan terakhir. Dari kemenangan Italia di Euro 2020 hingga WN asing yang berbondong-bondong tinggalkan RI karena COVID-19.

LONDON, ENGLAND - JULY 11: Giorgio Chiellini, Captain of Italy lifts The Henri Delaunay Trophy following his team's victory in the UEFA Euro 2020 Championship Final between Italy and England at Wembley Stadium on July 11, 2021 in London, England. (Photo by Michael Regan/UEFA via Getty Images)

Italia sukses menjadi juara Euro 2020 usai mengalahkan Inggris 3-2 lewat adu pinalti di final yang dihelat di Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Ini merupakan gelar Piala Eropa pertama bagi Italia sejak 1968. Mereka mengakhiri penantian selama 53 tahun yang diwarnai dua kali kekalahan di laga final. UEFA via Getty Images/Michael Regan.

RIO DE JANEIRO, BRAZIL - JULY 10: Lionel Messi of Argentina kisses the trophy as he celebrates with teammates after winning the final of Copa America Brazil 2021 between Brazil and Argentina at Maracana Stadium on July 10, 2021 in Rio de Janeiro, Brazil. (Photo by Alexandre Schneider/Getty Images)

Selain Italia, Argentina juga tengah berbahagia karena berhasil keluar sebagai juara Copa America 2021 usai mengalahkan Brasil 1-0 dalam partai puncak di Stadion Maracana, Minggu (11/7/2021) pagi WIB. Dengan kemenangannya itu, Argentina mengakhiri penantian selama 28 tahun untuk jadi juara Copa America. Sebelumnya, Argentina terakhir kali juara pada 1993. Getty Images/Alexandre Schneider.

Mural bergambar Marcus Rashford sempat jadi sasaran serangan rasial usai Inggris gagal juara di Euro 2020. Mural itu kini penuh pesan dukungan untuk sang pemain

Kegagalan Inggris menjadi kampiun Euro 2020 membuat 3 pemain timnas berjuluk The Three Lions itu menjadi sasaran serangan rasial. Mural Marcus Rashford di Manchaster pun jadi korban aksi vandalisme. Mural yang dibuat oleh seniman jalanan pada November 2020 itu dirusak para pendukung tim nasional Inggris yang kecewa atas kekalahan tersebut. Mereka mencoret-coret mural itu dengan kalimat rasisme. Tidak lama setelahnya, coretan yang merusak mural Rashford itu ditutup dengan kertas hitam. Di atasnya ada banyak kalimat dukungan untuk Rashford. Getty Images/Christopher Furlong.

A damaged car by the floods stands in a street in the town of Ahrweiler-Bad Neuenahr, western Germany, on July 15, 2021. - German authorities said late July 15, 2021 that at least 58 people had likely died in massive storms and flooding in the country's west, an increase on the earlier toll of 45 dead. (Photo by Christof STACHE / AFP)

Berita internasional lain yang turut mencuri atensi publik adalah banjir besar yang melanda kawasan Jerman dan Belgia. Sedikitnya 93 orang dilaporkan tewas akibat banjir tersebut dan lebih dari seribu orang dilaporkan hilang. Media terkemuka Jerman, Bild, menyebut aliran banjir besar itu dijuluki 'banjir kematian' karena menerjang area permukiman tanpa disadari oleh warga dan memicu kehancuran besar. Otoritas wilayah Rhineland-Palatinate di Jerman menuturkan sedikitnya 50 orang meninggal di wilayah mereka. Total korban jiwa akibat banjir di Jerman sejauh ini mencapai sedikitnya 81 orang. AFP/CHRISTOF STACHE.

Banjir mematikan di Jerman dan Belgia: Jalan terputus hingga mobil bertumpukan

Di Belgia sedikitnya 12 orang dipastikan tewas akibat terjangan banjir. Lebih dari 21.000 orang di wilayah Wallonia tidak mendapatkan aliran listrik. Luksemburg dan Jerman juga ikut terdampak banjir, dengan ribuan orang dievakuasi dari kota Maastricht. Di distrik Ahrweiler, wilayah Rhineland-Palatinate, dilaporkan sekitar 1.300 orang belum diketahui keberadaannya atau masih hilang. Otoritas setempat menuturkan kepada Bild bahwa tingginya jumlah korban disebabkan oleh terputusnya jaringan telepon. Sejumlah rumah di Ahrweiler dilaporkan ambruk total, sehingga meninggalkan kesan bahwa wilayah itu seperti diterjang tsunami. Jalanan dan rumah-rumah terendam banjir, mobil-mobil terguling dan pepohonan tumbang, bisa terpantau di area manapun yang diterjang banjir. BBC World.

Menurut peneliti, vaksin buatan Modern Inc dikabarkan mampu untuk menangkal COVID-19 varian Delta.

Di Indonesia, sejumlah peristiwa pun jadi sorotan selama seminggu terakhir. Salah satunya Indonesia kedatangan jutaan dosis vaksin Moderna. Diketahui, total vaksin Moderna yang seluruhnya yang tiba di Indonesia sudah melampaui 4 juta dosis vaksin COVID-19. Vaksin Moderna pun tidak hanya diperuntukan untuk vaksinasi masyarakat saja akan tetapi juga diperuntukkan untuk penyuntikan dosis ketiga khusus tenaga kesehatan. Getty Images.

Di tengah tingginya lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia, membuat para dokter muda menjadi garda terdepan untuk merawat dan mengobati para pasien.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengklaim campuran antara vaksin COVID-19 buatan Sinovac dan Moderna dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap varian baru Corona. Dalam hal ini, vaksin Moderna diberikan sebagai dosis ketiga vaksin. Sebelumnya Menkes Budi menjelaskan rencananya pemberian dosis ketiga vaksin Moderna akan diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes). Dengan efikasinya yang tinggi, ia berharap vaksin Moderna bisa memberikan perlindungan kepada para nakes dari ancaman virus Corona. Getty Images.

Munculnya pilihan vaksin COVID-19 berbayar menuai kontroversi di kalangan masyarakat. PT Kimia Farma TBK pun kemudian menunda pelaksanaan vaksinasi berbayar.

Kali ini yang menjadi sorotan hingga memicu pro dan kontra adalah munculnya kebijakan vaksinasi gotong royong individu atau vaksin berbayar untuk masyarakat. Kebijakan itu diketahui diambil pemerintah untuk mempercepat program vaksinasi yang saat ini tengah gencar dilakukan di Indonesia. Pemerintah berdalih vaksinasi gotong royong individu yang rencananya bakal dilakukan oleh Kimia Farma ini juga dilakukan demi mempercepat herd immunity atau kekebalan kelompok agar pandemi Corona lekas berakhir. Pro dan kontra pun mengiringi rencana pelaksanaan vaksinasi COVID-19 berbayar tersebut. Selain mendapat kritik dari masyarakat Indonesia, kebijakan vaksinasi berbayar itu juga disorot WHO. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto.

Munculnya pilihan vaksin COVID-19 berbayar menuai kontroversi di kalangan masyarakat. PT Kimia Farma TBK pun kemudian menunda pelaksanaan vaksinasi berbayar.

Kepala Unit Program Imunisasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Dr Ann Lindstrand mengatakan seharusnya tidak ada yang harus membayar untuk mendapatkan vaksin COVID-19. Menurut Ann, semua orang harus bisa divaksinasi tanpa terikat kondisi ekonomi. Ann menyebut pemerintah Indonesia seharusnya tidak mengeluarkan banyak biaya karena skema internasional COVAX sudah menjamin dosis vaksin COVID-19 untuk sekitar 20 persen populasi. Selain itu, banyak bank dunia juga sudah memberi dukungan biaya untuk proses distribusi vaksin COVID-19. Kontroversi yang meliputi rencana vaksinasi berbayar ini membuat Kimia Farma menunda layanan vaksinasi berbayar. Presiden Joko Widodo pun kemudian memutuskan untuk membatalkan vaksin COVID-19 berbayar bagi individu. Dengan demikian, seluruh vaksinasi akan tetap menggunakan mekanisme seperti yang telah berjalan saat ini. Vaksin tetap gratis bagi seluruh masyarakat. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto.

Vaksin Pfizer Mungkin Perlu Dosis Ketiga, Lalu Vaksinasi Tiap Tahun

Guna menanggulangi pandemi COVID-19 yang masih mewabah di Indonesia, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) secara resmi memberikan izin penggunaan darurat vaksin Pfizer. Vaksin buatan Amerika Serikat ini disebut memiliki nilai efikasi sampai 95,5 persen pada usia 16 tahun ke atas dan 100 persen pada usia 12-15 tahun. ABC Australia.

Program vaksinasi COVID-19 terus digencarkan di berbagai daerah Indonesia. Tak hanya menyasar orang dewasa, anak usia 12-17 tahun pun kini bisa divaksinasi.

Vaksin ini digunakan dengan indikasi pencegahan COVID-19 mulai dari usia 12 tahun keatas. Diberikan secara injeksi dengan dua kali penyuntikan dalam rentang waktu 3 minggu. Diketahui, Vaksin Pfizer menjadi jenis vaksin COVID-19 kelima yang telah mendapat izin darurat dari BPOM. Vaksin yang sudah mendapat izin sebelumnya dikembangkan oleh Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, dan Moderna. Rifkianto Nugroho/Detikcom.

Penampakan dr Lois yang ditangkap atas dugaan sebar hoax soal COVID-19

Pernyataan kontroversi dr Lois Owien 'tidak percaya COVID' di media sosial, membuat heboh publik. Gara-gara postingannya di media sosial itu, dr Lois harus berurusan dengan polisi. Ia pun ditangkap pada Minggu (11/7) di sebuah apartemen di Jakarta Selatan. Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan dalam jumpa pers, Senin (12/7) mengatakan dr Lois ditangkap atas dugaan menyebarkan berita hoax yang menimbulkan keonaran. dr Lois Owien pun ditetapkan sebagai tersangka keonaran usai membuat pernyataan mengenai 'kematian yang terjadi di luar sana bukan karena COVID-19 namun interaksi antarobat'. Yogi Ernes/Detikcom.

dr Lois Owien selesai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya langsung dibawa ke Bareskrim Polsi, Senin (12/7/2021) malam.

Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam, tidak dilakukan penahanan terhadap dr Lois. Meski tak ditahan, kasus dugaan penyebaran hoax terkait Corona yang menjerat dr Lois Owien dipastikan tetap berjalan meskipun Lois kini telah dipulangkan. Polisi menegaskan status tersangka dr Lois tidak gugur. Informasi mengenai penetapan status tersangka dr Lois sebelumnya disampaikan langsung oleh Kabareskrim Komjen Agus Andrianto. Dokter Lois terancam hukuman maksimal 10 tahun penjara. Komjen Agus menyebut dr Lois dijerat dengan pasal berlapis. Jeratan pasal itu membuat dr Lois terancam hukuman penjara maksimal 10 tahun. Yogi Ernes/Detikcom.

Foto udara suasana pemakaman khusus COVID-19 di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (15/7/2021). Berdasarkan data Worldometer, Indonesia resmi masuk empat besar kasus aktif COVID-19 terbanyak di seluruh dunia, pada Kamis (15/7/2021) kasus aktif di Indonesia mencapai 480.199 kasus, melampaui Rusia yang tercatat 457.250 kasus, Indonesia juga jauh melampaui India yang tercatat 432.011 kasus. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Melonjaknya kasus COVID-19 di Indonesia masih terus menjadi sorotan tak hanya di Tanah Air tetapi juga internasional. Kasus COVID-19 harian yang terus memecahkan rekor bahkan membuat RI berada di urutan atas negara dengan penyumbang kasus COVID-19 harian terbanyak di dunia. Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO Mike Ryan mengatakan Indonesia sedang mengalami fase peningkatan penularan yang sangat intens selama beberapa minggu terakhir. Kasus Corona di Indonesia yang melonjak juga sejalan dengan jumlah kematian yang melesat. Angka kematian COVID-19 di Indonesia hampir melebihi jumlah kematian harian India, dan kemungkinan juga akan segera melampaui insiden hariannya. ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT.

Di tengah tingginya lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia, membuat para dokter muda menjadi garda terdepan untuk merawat dan mengobati para pasien.

Penambahan kasus COVID-19 harian yang mencapai angka 50 ribuan kasus bahkan membuat Indonesia menjadi negara dengan kasus tertinggi di dunia. Tambahan kasus 56.757 di Indonesia ini makin mengkhawatirkan. Skenario terburuk dalam penanganan pandemi COVID-19, yang sebelumnya diungkapkan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan sudah dijalankan. Skenario terburuk tersebut dijalankan agar angka kasus harian Corona tidak sampai menyentuh 100 ribu kasus. Luhut pun mengungkapkan sejumlah langkah yang telah dilakukan pemerintah, salah satunya mengamankan stok vaksin sejumlah 480,7 juta dosis. Di mana pemerintah menargetkan 1 juta vaksinasi per hari. Getty Images.

Angka pasien COVID-19 yang meninggal saat menjalani isolasi mandiri meningkat. Tim Lapor COVID-19 mencatat hingga Minggu (11/7) terdapat 450 orang meninggal.

Kasus COVID-19 harian yang terus bertambah hingga mencapai angka 50 ribu kasus membuat sejumlah warga negara asing ramai-ramai angkat kaki dari Tanah Air. Dilansir Fuji News Network, Sekretaris Kabinet Jepang Katsunobu Kato mengatakan pihaknya siap membantu warganya keluar dari Indonesia dan kembali ke Jepang. Penerbangan carter bagi warga Jepang untuk pulang kampung sudah dilakukan pada Rabu (14/7) kemarin. Selain Jepang, sebanyak 90 pebisnis dan ekspatriat dari Taiwan telah memesan penerbangan untuk keluar dari Indonesia dan kembali ke negaranya. Otoritas Vietnam pun berencana memulangkan warganya dari Indonesia. Kedutaan Vietnam mengimbau warganya yang berencana meninggalkan Indonesia untuk segera mengisi formulir yang tertera di website resmi. Batas waktu pendaftaran hingga 23 Juli 2021. Grandyos Zafna/Detikcom.

Angka pasien COVID-19 yang meninggal saat menjalani isolasi mandiri meningkat. Tim Lapor COVID-19 mencatat hingga Minggu (11/7) terdapat 450 orang meninggal.

Sementara itu, sejumlah negara pun memilih untuk menutup pintunya untuk Indonesia usai kasus COVID-19 di Tanah Air terus bertambah hingga berada di puncak teratas kasus tertinggi di dunia. Sejumlah negara yang menutup pintu untuk Indonesia di antaranya Uni Emirat Arab, Filipina, Oman, Singapura, Arab Saudi, Hong Kong, Jepang, Taiwan hingga Eropa. Grandyos Zafna/Detikcom.

Foto Populer Sepekan: Italia Juara Euro 2020-Vaksin Berbayar Dibatalkan
Foto Populer Sepekan: Italia Juara Euro 2020-Vaksin Berbayar Dibatalkan
Foto Populer Sepekan: Italia Juara Euro 2020-Vaksin Berbayar Dibatalkan
Foto Populer Sepekan: Italia Juara Euro 2020-Vaksin Berbayar Dibatalkan
Foto Populer Sepekan: Italia Juara Euro 2020-Vaksin Berbayar Dibatalkan
Foto Populer Sepekan: Italia Juara Euro 2020-Vaksin Berbayar Dibatalkan
Foto Populer Sepekan: Italia Juara Euro 2020-Vaksin Berbayar Dibatalkan
Foto Populer Sepekan: Italia Juara Euro 2020-Vaksin Berbayar Dibatalkan
Foto Populer Sepekan: Italia Juara Euro 2020-Vaksin Berbayar Dibatalkan
Foto Populer Sepekan: Italia Juara Euro 2020-Vaksin Berbayar Dibatalkan
Foto Populer Sepekan: Italia Juara Euro 2020-Vaksin Berbayar Dibatalkan
Foto Populer Sepekan: Italia Juara Euro 2020-Vaksin Berbayar Dibatalkan
Foto Populer Sepekan: Italia Juara Euro 2020-Vaksin Berbayar Dibatalkan
Foto Populer Sepekan: Italia Juara Euro 2020-Vaksin Berbayar Dibatalkan
Foto Populer Sepekan: Italia Juara Euro 2020-Vaksin Berbayar Dibatalkan
Foto Populer Sepekan: Italia Juara Euro 2020-Vaksin Berbayar Dibatalkan
Foto Populer Sepekan: Italia Juara Euro 2020-Vaksin Berbayar Dibatalkan