Kasus Corona Menurun, Wuhan Kembali Buka Layanan Kereta

Sejumlah penumpang turun dari kereta usai tiba di stasiun kereta usai melakukan perjalanan dari Beijing menuju Wuhan, Provinsi Hubei, China, Minggu (29/3/2020).

Kawasan Wuhan yang beberapa bulan lalu dikunci untuk mencegah penyebaran virus Corona, kini berangsur-angsur mulai membuka pembatasan wilayah tersebut. Salah satunya dengan kembali membuka layanan kereta bawah tanah dan kereta jarak jauh.

Pembukaan kembali sejumlah layanan transportasi publik itu dilakukan usai menurunnya kasus baru terkait virus Corona di kawasan Wuhan, China, hingga mencapai zero atau nol kasus.

Pembukaan kembali layanan transportasi di kawasan Wuhan tersebut membuat sejumlah warga yang sebelumnya sempat dilarang untuk memasuki kawasan tersebut mulai mengantre di stasiun kereta yang berada di kawasan Beijing, untuk kembali kampung halaman mereka di Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Meski telah kembali membuka layanan kereta bawah tanah dan kereta jarak jauh, petugas di stasiun kereta Wuhan tetap melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para penumpang yang tiba di stasiun tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Sejumlah penumpang mengantre untuk diperiksa kesehatannya saat tiba di Wuhan.

Para petugas dengan mengenakan pakaian pelindung diri memeriksa kesehatan para penumpang yang tiba di Wuhan. Fasilitas antiseptik gratis pun disediakan di sejumlah ruang publik untuk mencegah penyebaran virus Corona.  

Penyemprotan disinfektan pun dilakukan di sejumlah bagian stasiun sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona di area tersebut.

Sejumlah penumpang yang tiba di Wuhan usai melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta dari Beijing, diperiksa suhu tubuhnya sebelum diizinkan meninggalkan stasiun tersebut. AP Photo/Ng Han Guan.

Menurunnya kasus baru terkait virus Corona di Wuhan, membuat kebijakan pembatasan aktivitas warga dan wilayah di kawasan itu perlahan mulai dilonggarkan. Meski begitu, penghapusan lockdown serta pembatasan perjalanan di kawasan Wuhan baru akan dihapus pada 8 April mendatang.