Dampak Cuaca Ekstrem yang Terjadi di Berbagai Wilayah Indonesia

Jakarta diterjang hujan deras yang mengguyur sejak malam pergantian tahun 2020. Hasilnya, di awal tahun baru itu Ibu Kota lumpuh terendam banjir. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi.

Banjir tersebut tersebar dibeberapa titik Ibu Kota. Salah satunya di kawasan Jalan S. Parman, Jakarta Barat. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja.

Cuaca ekstrem semakin meluas, bahkan Tol Cikampek juga lumpuh akibat tergenang banjir di kawasan jati bening, Bekasi, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Saptono.

Hujan deras yang disertai angin kencang bahkan sampai membuat pohon roboh. Pohon tersebut menimpa Halte TransJ di Koridor SMK 57, Jakarta Selatan. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan, aliran banjir terlihat sangat deras. Bahkan warga harus menggunakan tali sebagai pengaman. ANTARA FOTO/Reno Esnir.

Banjir akibat cuaca ekstrem juga melumpuhkan akses transportasi KRL Commuterline. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra.

Di Bekasi, derasnya aliran banjir yang membuat tanggul jebol bahkan sampai membuat belasan mobil bertumpuk di kawasan perumahan Pondok Gede Permai. Rengga Sancaya/detikcom.

Di Kelapa Gading, Jakarta Utara, banjir membuat aktivitas dan roda perekonomian setempat terhambat. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per 2 Januari 2020, terdapat 63 titik banjir di wilayah DKI Jakarta. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Cuaca ekstrem juga mengancam kawasan pesisir Jakarta Utara. Ancaman Rob terus menghantui warga. Pradita Utama/detikcom.

Desa Sajira, Lebak, Banten, juga diterjang banjir bandang akibat cuaca ekstrem. Bahkan salah satu jembatan terputus. BPBD Kabupaten Lebak mencatat 12 desa di tiga kecamatan di Lebak terdampak banjir bandang yang disebabkan meluapnya sungai Ciberang yang mengakibatkan sejumlah jembatan dan rumah rusak diterjang banjir. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas.

Sejumlah rumah warga rusak berat diterjang banjir bandang yang melewati Sungai Ciberang di Kampung Lebak Gedong, Cipanas, Lebak, Banten, Kamis (2/1/2020). Menurut Kapolres Lebak AKBP Andre Firman ratusan rumah rusak akibat diterjang banjir bandang dan tertimpa longsor, 8 orang hilang, dan ratusan orang mengungsi ke tempat yang lebih aman. ANTARA FOTO/Weli Ayu Rejeki.

Sejumlah sekolah juga terdampak banjir bandang di Lebak. SMPN 1 Lebak Gedong tertimbun material longsor di Desa Ciladaheun. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak mencatat sebanyak 4 sekolah di Kecamatan Lebak Gedong rusak akibat longsor dan banjir bandang. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas.

Curah hujan yang tinggi juga membuat jembatan terputus di Desa Urug Atas, Kecamatan Sukajaya, Bogor, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya.

Sejumlah rumah di kampung Gunung Kembar hancur akibat longsor di Sukajaya, Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/1/2020). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay.

Sejumlah anggota Sat Brimobda Jabar, Basarnas dan relawan melakukan proses pencarian korban tanah longsor di Kampung Sinar Harapan, Sukajaya, Bogor. Petugas SAR gabungan masih mencari tiga warga yang tertimbun tanah saat bencana longsor menerjang kampung tersebut pada Rabu (1/1/2020). ANTARA FOTO/Arif Firmansyah.

Sulitnya medan dan akses di lokasi membuat Basarnas memperpanjang masa pencarian selama tiga hari untuk tiga korban banjir bandang dan tanah longsor di Sukajaya. ANTARA FOTO/Galih Pradipta.

Pencarian korban hingga kini belum juga ditemukan. Alhasil masa pencarian harus diperpanjang hingga Minggu (12/1/2020). ANTARA FOTO/Galih Pradipta.

Di Tegal, Jawa Tengah, curah hujan yang deras membuat ratusan hektar sawah di Kelurahan Kalinyamat Kulon terendam banjir. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah.

Di Jambi, luapan Sungai Batanghari merendam jalan penghubung Desa Jebus dengan Desa Gedong Karya. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan.

Longsor akibat cuaca ekstrem juga menerjang kampung Lebo, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Banjir bandang yang terjadi pada Jumat, 3 Januari tersebut mengakibatkan tiga warga meninggal dunia, 8 luka-luka, 300 lebih warga mengungsi, puluhan rumah rusak serta mengisolir sebuah desa dengan 174 Kepala keluarga. ANTARA FOTO/Stenly Pontolawokang.

Kawasan Jasinga, Bogor, juga terdampak banjir bandang. Banjir bandang yang terjadi pada Rabu (1/1/2020) tersebut mengakibatkan 22 rumah rusak, dua jembatan gantung terputus dan seorang warga meninggal dunia di kampung Parung Sapi, Desa kalong Sawah. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah.