Dinding Jebol-Rumah Berantakan Akibat Gempa M 7,1 di Malut

BNPB mengatakan ada dua orang terluka akibat gempa bermagnitudo 7,1 yang terjadi di Maluku Utara (Malut). Sejumlah bangunan juga mengalami kerusakan di Ternate. (Foto: dok. BNPB)
Gempa M 7,1 itu terjadi pada pukul 23.17 WIB, Kamis (14/11). Dinding bangunan di mengalami keretakan akibat getaran gempa tersebut. (Foto: dok. BNPB)
"Gempa memicu kerusakan di Kota Ternate seperti rumah dan rumah ibadah rusak ringan. Pusdalops BNPB mencatat 6 rumah rusak ringan, di antaranya di Kelurahan Mayau 3 unit, Lekewi 2 dan Bido 1. Semuanya di Kecamatan Batang Dua, Kota Ternate, sedangkan 2 unit gereja rusak ringan di Kelurahan Bido dan Lelewi," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo, kepada wartawan, Jumat (15/11/2019).. (Foto: dok. BNPB)
Masyarakat yang sempat menjauh dari pantai akibat potensi tsunami saat gempa M 7,1 terjadi kini mulai kembali ke rumah masing-masing. BNPB mengimbau warga tetap mengantisipasi gempa susulan yang bisa saja terjadi. (Foto: dok. BNPB)
Dilaporkan tsunami terdeteksi pada Kamis (14/11) pukul 23.43 WIB. Tinggi air mencapai 0,06 meter. Sementara itu, di Bitung tsunami setinggi 0,1 meter pada Jumat (15/11) pukul 00.08 WIB. (Foto: dok. BNPB)