Budidaya Tanaman Hidroponik Jadi Andalan Ibu-ibu di Makassar

Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) VII Wilayah Sulawesi, terus mengembangkan budidaya hidroponik secara berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan ibu-ibu di Makassar, Sulawesi Selatan.

Budidaya tanaman hidroponik sendiri dapat menjadi solusi untuk bercocok tanam dengan kondisi lahan yang terbatas.

Selain cocok untuk berkebun di lahan yang terbatas karena hanya mengandalkan air yang diberi zat hara sebagai media tanamnya, bercocok tanam dengan memanfaatkan teknik hidroponik juga cukup mudah terkait perawatannya.

Untuk meningkatkan kesejahteraan ibu-ibu di Makassar dengan memanfaatkan bercocok tanam dengan teknik hidroponik ini Pertamina memberikan bantuan green house, sistem hidroponik, dan pelatihan teknis.

Masyarakat dilatih budidaya tanaman hidroponik tomat, karena lebih mudah dalam hal penanaman serta bisa diolah menjadi berbagai produk olahan.

Pada 2018, Pertamina melanjutkan memberikan bantuan untuk pengolahan hasil budidaya hidroponik agar memiliki nilai ekonomi tinggi. Bantuan yang diberikan berupa fasilitas dan peralatan pengolahan tomat hasil budidaya hidroponik, sehingga bisa diolah menjadi kerupuk tomat, brownis, dan saus tomat.

Selain itu, tomat juga dijadikan bahan baku pemberian makanan tambahan (PMT) bagi balita di Posyandu dalam rangka memenuhi kebutuhan gizinya.