Siswa SMK Pasang Penyaring untuk Antisipasi Polusi Udara

Sejumlah siswa SMK Negeri 4 Jakarta Utara memasang penyaring udara di ruangan kelas SDN Cilincing 07 Pagi, Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Pemasangan penyaring udara itu dilakukan karena aktivitas belajar mengajar di SDN Cilincing 07 Pagi, sering terganggu imbas pencemaran polusi udara yang diakibatkan oleh pembakaran pabrik arang dan peleburan timah di sekitar sekolah.

Pemasangan penyaring udara tersebut dilakukan guna menyerap pencemaran polutan dari sejumlah pabrik tersebut agar tak terhirup langsung oleh siswa maupun guru yang tengah melakukan aktivitas kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut.

Diketahui ada sekitar 42 siswa SMK yang dilibatkan dalam pemasangan alat untuk mengurangi dampak polusi udara di sekolah tersebut.

Selain memasang penyaring udara, sejumlah tanaman dan akuarium pun diletakkan untuk mengurangi C02 dan menjaga kelembapan udara.

Sejumlah siswa SMK tengah menyiapkan sejumlah alat untuk memasang penyaring udara di SDN Cilincing 07 Pagi, Jakarta.

Pemasangan penyaring udara di SDN Cilincing 04 Pagi tersebut dilakukan oleh para siswa SMK Negeri 4 Jakarta jurusan pembangunan yang sedang dalam praktik kerja lapangan.

Kegiatan memasang penyaring udara di SDN Cilincing 04 Pagi itu pun telah dilakukan sejak pagi.

Filter udara yang dipasang di SDN Cilincing itu menggunakan bahan seperti dakron untuk menutip ventilasi udara di dalam kelas.

Pemasangan penyaring udara beserta sejumlah peralatan lain untuk mengantisipasi terhirupnya polusi udara oleh anak-anak maupun guru di SDN Cilincing 04 Pagi tersebut diharapkan dapat membuat kegiatan belajar mengajar di sekolah itu tak lagi terganggu dengan polusi udara yang membahayakan kesehatan para siswa maupun guru.