Ziarah ke Baqi Ketika Matahari 'Sejengkal Jari'

Rombongan jemaah datang usai salat Subuh. Tepat dimana ketika matahari 'sejengkal jari' dari atas kepala lantaran baru terbit.
Lokasi Baqi berada di samping masjid Nabawi. Jemaah bisa keluar dari gerbang 36 dan langsung bisa melihat pintu masuk Baqi.
Hanya para pria yang diperbolehkan masuk ke pemakaman Baqi. Sedangkan kaum hawa hanya dipersilakan menunggu di luar gerbang Baqi.
Banyak petugas keamanan yang berjaga di dalam area Baqi. Biasanya mereka meminta para peziarah untuk mempercepat langkahnya, tak boleh terlalu lama di satu titik agar antrean tidak menumpuk.
Baqi memiliki luas 138 ribu meter persegi. Ketika detikcom mengunjungi Baqi, sepanjang mata yang terlihat hanyalah gundukan pasir dan batu sebagai penanda makam. 
Di Baqi pula jemaah haji Indonesia yang meninggal di kota Madinah dimakamkan.
Cahaya matahari pagi yang indah di Baqi. Sekilas, jarak antara matahari dan kepala cuma sejengkal jari.
Para peziarah tak lupa memberi salam dan berdoa untuk para sahabat Nabi yang dikuburkan di sini.
Baqi memiliki tanah yang lembut dan tidak berbatu sehingga dianggap cocok untuk dijadikan sebagai tempat pemakaman lantaran mudah untuk digali. Ketika zaman Nabi Muhammad SAW pun para sahabat yang meninggal dimakamkan di Baqi.
Mereka yang dimakamkan di sini antara lain ada Usman bin Affan yang merupakan khalifah ketiga, para istri Nabi -- kecuali Siti Khadijah dan Maimunah -- lalu putra dan putri Nabi itu juga dimakamkan di Baqi serta 10 ribu orang sahabat Nabi.
Sementara di antara kalangan tabi'ut tabi'in yang terkenal Imam Malik, gurunya Imam Syafi'i, juga dimakamkan di Baqi dan seluruh jamaah haji maupun umrah yang meninggal di Madinah ataupun penduduk Madinah juga dimakamkan di Baqi.
Baqi dulunya dipenuhi dengan Al Gharqad yaitu sebuah tanaman berduri. Makanya disebut dengan Baqi Al Gharqad.
Baqi sebelumnya terletak cukup jauh dari masjid Nabawi. Karena di antara masjid Nabawi dengan Baqi masih diselingi oleh perkampungan. Tapi kemudian terjadi perluasan sehingga sekarang berdampingan antara masjid Nabawi.
Lalu bagaimana sehingga Baqi selalu muat hingga saat ini? Ternyata pemerintah Arab Saudi itu menetapkan setiap beberapa tahun akan merelokasi kuburan-kuburan yang sudah lama dan akan digabung menjadi satu.