Terpesona Keindahan Gerhana Matahari Total di Chile

Fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT) terjadi sejak kemarin, 2 Juli hingga hari ini, 3 Juli 2019 di Chile dan Argentina. Stringer/Reuters.

GMT tahun ini merupakan yang pertama dan satu-satunya yang akan terjadi sepanjang tahun 2019. Rodrigo Garrido/Reuters.

Seperti dilansir media Inggris, BBC dan media India, FirstPost, Selasa (2/7/2019), GMT akan disaksikan secara langsung oleh orang-orang yang berada di Samudra Pasifik, Chile dan Argentina pada Selasa (27/2019) kemarin. Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA menyatakan bahwa GMT akan bisa disaksikan di La Serena, Chile, yang dimulai pada Selasa (2/7) sore, sekitar pukul 16.38 waktu setempat (20.38 Greenwich Mean Time). Stringer/Reuters.

Bentangan jalur totalitas GMT tahun ini mencapai sekitar 6.800 mil atau setara 10.943 kilometer. Sebagian besar jalur totalitas itu diketahui ada di lautan lepas. Rodrigo Garrido/Reuters.

Bayangan bulan atau umbra mencapai kawasan pantai Chile, dekat La Serena, sekitar pukul 16.38 waktu setempat. Rodrigo Garrido/Reuters.

Meskipun totalitas GMT tahun ini ada di jalur sempit yang penuh bayangan, ada area lebih luas yang bisa menyaksikan langsung gerhana matahari sebagian. Area lebih luas itu mencakup wilayah Chile dan Argentina lainnya yang tidak bisa melihat gerhana matahari total. Stringer/Reuters.

Seperti dikutip dari Space.com, instruktur dan dosen tamu Hayden Planetarium New York, Joe Rao, menjelaskan, saat terjadi gerhana total, matahari akan berada di rasi bintang Gemini. Ketika itu, cahaya matahari akan hilang. David Mercado/Reuters.

GMT diketahui terjadi saat posisi Matahari, Bulan dan Bumi ada pada garis lurus. Rodrigo Garrido/Reuters.

Gerhana matahari tepat terjadi saat posisi Bulan ada di antara Matahari dan Bumi. Dalam posisi ini, bayangan Bulan menghalangi Matahari dari Bumi. Rodrigo Garrido/Reuters.

Saat terjadi gerhana matahari total, korona atau bagian terluar atmosfer Matahari bisa dilihat oleh manusia yang ada di Bumi dengan mata telanjang. Untuk tahun ini, gerhana matahari total akan dimulai di perairan Pasifik. Rodrigo Garrido/Reuters.