Pohon Sakura di Surabaya Bikin Hati Adem, Jakarta Kapan?

Viralnya pohon tabebuya yang sempat dikira sebagai pohon sakura di Surabaya tak pelak membuat kota ini menjadi bahan perbincangan hangat beberapa waktu lalu. Namun ternyata Pemkot Surabaya juga telah menanam pohon sakura betulan di sejumlah titik.

Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau dan PJU DKRTH Surabaya Hendri Setianto mengatakan, pemkot sebenarnya sudah menanam pohon sakura sejak 5 tahun terakhir. Namun ia mengakui jumlahnya masih belum banyak.

Sudah ada sekitar 2.000 bunga yang sudah disebar dan tanam. Hanya di pinggir-pinggir jalan protokol dan taman tertentu.

Beberapa titik penanaman sakura di Surabaya di antaranya di Jalan Mayjend Sungkono dan Jalan Adityawarman. Tingginya kini berkisar antara 1-1,5 meter.

Pohon sakura yang ditanam merupakan jenis sakura jawa sehingga berbeda dengan pohon sakura yang tumbuh di Jepang. Ini terlihat dari ukuran pohonnya.

Meskipun kecil, sakura yang ada di Surabaya dapat berbunga sepanjang tahun.

Selain menanam sakura dari jenis semak-semak, pihaknya juga sudah menanam pohon sakura yang besar. Penanaman itu sudah dilakukan di beberapa jalan protokol dan taman.

Pohon sakura yang ditanam pemkot tidak diimpor dari Jepang, melainkan dibudidayakan sendiri di Indonesia, tepatnya di daerah Gunungsari, Kota Surabaya.