detikNews
2019/08/28 23:18:16 WIB

Produksi Terbatas, Tentara Jerman Harus Tunggu 2022 untuk Boots Baru

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Halaman 2 dari 2
Produksi Terbatas, Tentara Jerman Harus Tunggu 2022 untuk Boots Baru Boots tentara (DW)

Kapasitas produksi terbatas

Seharusnya, sepatu boot yang baru itu sudah tersedia pada akhir 2020, namun ternyata "karena kapasitas produksi yang terbatas di industri, jadwal tidak dapat dipertahankan," tulis Kementerian Pertahanan Jerman dalam penjelasannya.

Sampai kini, sekitar 160.000 dari seluruhnya 183.000 tentara Bundeswehr telah menerima sepasang sepatu boot tempur berat, namun kebanyakan mereka belum menerima pasangan sepatu yang lain. Hanya 31.000 tentara yang telah mendapat sepatu PDL versi tempur ringan.

Marie-Agnes Strack-Zimmermann mengatakan: "Sangat aneh bahwa perlu delapan tahun untuk melengkapi pasukan dengan alas kaki yang baru."

"Bayangkan seandainya petugas pemadam kebakaran harus memadamkan api dengan sandal," katanya.

Sudah lama mengeluh

Tentara Jerman sudah lama mengeluh tentang masalah sepatu boot versi sepanjang musim. Sebagian tentara akhirnya membeli sepatu sendiri. Sekalipun itu bertentangan dengan peraturan Bundeswehr, tetapi sering diijinkan.

Ombudsman militer di parlemen Jerman Hans-Peter Bartels dalam laporan tahunan terbarunya mengatakan, masa tunggu yang lama untuk sepatu tempur yang baru memang sudah dikritik oleh kalangan Bundeswehr sendiri.

"Sayangnya, proses ini sedikit mengurangi semangat," lanjutnya. Prajurit baru nantinya akan mulai bertugas dengan sepatu PDL baru, sementara tentara senior, yang masih bertugas dengan model lama dan belum mendapat hak bertukar sepatu, akan "merasa seperti prajurit kelas dua", kata Bartels.

hp/na (dpa, afp)


(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com